Sebanyak sepuluh pemuda/pemudi Aceh magang di PT Solusi Bangun Andalas (SBA) selama lima bulan kata pejabat di Provinsi Aceh.

“Program pelatihan dan magang kerja ini merupakan program Forum Koordinasi Jejaring Pemagangan (FKJP) yang didukung dana dari APBN 2020,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh, Iskandar Syukri di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela pelepasan dan serah terima peserta magang yang diterima  Head of Operation PT SBA, Asdian di ruang rapat Disnakermobduk, Aceh.

Iskandar menyebutkan angka pengangguran di Aceh masih tinggi, di mana data tahun 2019 tercatat 147 ribu pengangguran di Aceh.

"Kondisi pandemik COVID-19 juga ikut memperparah keadaan. Ada yang dirumahkan dan ada pula yang kena PHK. Alhamdulillah PT SBA tidak melakukan PHK selama pandemik ini," kata Iskandar. 

Head of Operation PT SBA, Asdian ST MT, menyambut baik penempatan peserta magang di PT SBA.

Ia mengatakan penambahan tenaga terjadi kalau ada pegawai yang pensiun atau ada penambahan usaha dari manajemen perusahaan.

Sekretaris FKJP Aceh, Aswar Ramli Paya, mengatakan program magang selama 5 bulan ini didanai penuh oleh APBN.

FKJP adalah lembaga mitra pemerintah dalam mengatasi pengangguran. Lembaga ini terdiri dari unsur pengusaha, pemerintah dan akademisi.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020