Personil TNI Koramil 06/Teunom bersama BPBK Aceh Jaya, Tagana dan Basarnas Meulaboh berhasil mengevakuasi sebanyak tujuh orang warga yang terjebak banjir, Rabu sore (29/7).

Mereka diketahui terjebak di perkebunan sawit kawasan Desa Seumira Kecamatan Teunom, Aceh Jaya sejak selasa (28/7/2020) pagi dan tidak bisa pulang karena dikepung banjir besar.

Sehingga sambil menunggu tim melakukan evakuasi, mereka bertahan dan berlindung di dalam gubuk yang mereka tempati selama ini.

" Sore ini kita bersama tim SAR sudah berhasil menjemput tujuh orang warga yang terjebak banjir saat mereka berada di kebun sawit, " kata Danramil 06/Teunom Kapten Inf Mulyadi, yang turun langsung untuk membanru evakuasi, rabu.
Para personil TNI bersama tim SAR tampak sedang mengarungi banjir untuk menyelamatkan warga di Kecamatan Teunom, Aceh Jaya, rabu (29/7/2020) (ANTARA/HO)

Ia menyampaikan kalau mereka semua dalam keadaan sehat karena cepat mendapat bantuan.

"Mereka semua dalam keadaan sehat dan tidak mengalami keluhan apapun," kata Kapten Inf Mulyadi.

Kapten Inf Mulyadi menjelaskan dalam proses evakuasi tersebut tim harus bekerja keras karena jarak yang terbilang cukup jauh dan menyeberangi sungai yang sedang meluap.

"Kita harus berjalan sejauh sekitar 12 kilometer menuju lokasi perkebunan dan menyeberangi sungai yang sedang meluap, bahkan di kebun sawit tersebut air masih tinggi sehingga dalam mengevakuasi harus menggunakan tali perorangan yang dimiliki oleh Koramil," kata Kapten Inf Mulyadi.

Sementara itu Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat secara terpisah menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bahu - membahu sehingga dapat mengevakuasi warga tersebut dalam keadaan sehat.

"Terima kasih kepada personil Polri, BPBK, Tagana, RAPI, Basarnas dan semua pihak yang terlibat dalam evakuasi ini. Berkat kerja sama yang baik kita dapat membantu menyelamatkan warga, " kata Letkol Czi Arief.

" Sejak awal kita sudah siaga dan siap membantu melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir ini, " kata Dandim.


Pewarta: Arif Hidayat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020