Dinas Sosial Aceh menyatakan penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) dari Kementerian Sosial RI untuk keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) telah mencapai 75 persen, dengan jumlah beras tersalurkan sebanyak 6,2 juta kilogram.

"Kita sudah mulai disalurkan, sampai hari ini sudah 75 persen untuk tahap Agustus dan September, sedangkan Oktober ada beberapa daerah sudah mulai," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, melalui Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga Siti Hodijah, di Banda Aceh, Rabu.

Dia menjelaskan, bantuan sosial beras tersebut diperuntukkan bagi pemegang kartu PKH, lantaran para penerima program tersebut tidak dibolehkan untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST), akibat dampak COVID-19.

Di Aceh, kata dia, tercatat 272.898 PKM pemegang kartu PKH. Mereka akan mendapatkan bantuan sosial beras itu untuk tiga tahap yakni Agustus, September, dan Oktober. Untuk tahap Agustus dan September yang sudah menerima mencapai 208.713 PKM, sedangkan yang belum tersisa hanya 64.185 PKM.

"Dari itulah Kemensos membantu penerima PKH dengan bantuan beras, karena mereka tidak tersentuh dengan BST dan BLT untuk membantu mereka di masa pandemi COVID-19 ini. Mereka mendapatkan 15 kilogram per bulan, jadi tiga bulan totalnya 45 kilogram," katanya.

Hingga Rabu (7/10), data untuk tahap Agustus dan September, beberapa daerah yang telah selesai menyalurkan yakni Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Timur, Bener Meriah, Banda Aceh, Langsa, Sabang, Subulussalam, Aceh Utara, dan Nagan Raya. 

Sementara Aceh Besar sudah 85 persen, Gayo Lues 71 persen, Aceh Jaya baru 66 persen, Aceh Tamiang 60 persen, Pidie 51 persen, serta Simeulue, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Bireuen, dan Aceh Tenggara yang masih dibawah 50 persen.

Sehingga persentse untuk Agustus dan September di seluruh Aceh sudah mencapai 75 persen. Dengan jumlah beras yang sudah tersalurkan mencapai 6.261.390 kilogram dan yang belum tersalurkan sebanyak 1.925.550 kilogram.

"Sementara untuk Oktober, baru tiga kabupaten mulai menyalurkan ke penerima yakni Aceh Barat sebanyak 654 KPM, Aceh Singkil 615 KPM, dan Nagan Raya 1.387 KPM," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020