Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh mengaku, mulai menyalurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) tahap ke-III diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat.

"Jadi kemarin mulai kita salurkan di Kecamatan Kuta Alam, dan masih ada delapan kecamatan lagi. Mungkin selesainya hari Rabu (14/10) nanti," ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Banda Aceh, Azhari di Banda Aceh, Senin.

Ia mengatakan, beras bantuan program BSB yang disalurkan tersebut merupakan bantuan sosial kepada keluarga terdampak COVID-19 dengan penerimanya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) selama tiga bulan.

"Mulai dari bulan Agustus, September dan Oktober. Ini untuk bulan Oktober, berarti sudah tahap ke-III dengan beras disediakan oleh Bulog kualitas medium. Setiap KPM PKH dapatkan 15 kilogram per bulannya," kata Azhari.

Koordinator PKH Kota Banda Aceh, Rifki Asmana, mengatakan, sebelumnya dari dua bulan terakhir, yakni Agustus dan September sudah disalurkan bagi 4.298 KPM sebanyak 128.940 kilogram. 

Ia menyebut, khusus Kecamatan Kuta Alam yang telah disalurkan pada Ahad (11/10), bagi 437 keluarga penerima manfaat dengan jumlah sebanyak 6.555 kilogram.

Terangnya, penyaluran bantuan sosial beras itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan di antaranya menyusun titik kumpul supaya tidak terjadi keramaian.

"Pendamping PKH membagi waktu kedatangan setiap KPM agar tidak terjadi penumpukan, dan kerumunan. Kita sudah menyusun titik lokasi yang terdekat bersama transpor BSB. Jadi begitu si KPM datang, hanya butuh waktu sebentar untuk mengambil bansos berasnya," tegas Rifki.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020