Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS mendukung Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat membuka program studi baru berupa Administrasi Keuangan Publik. 

"Program studi Administrasi Keuangan Publik sangat penting ada di Aceh Barat, sebab dengan ada program studi tersebut dapat membantu para operator keuangan di gampong-gampong (desa-desa) di Aceh Barat," kata Ramli MS saat menerima rombongan AKN  di pendapa bupati, Rabu siang.

Guna mendukung program tersebut, kata Ramli MS, pemerintah daerah setempat juga bersedia menugaskan pegawai negeri sipil (PNS) yang berkompeten, untuk menunjang program studi baru tersebut sebagai tenaga pendidik (dosen). 

Selain itu, Bupati Ramli MS juga menawarkan lahan baru kepada AKN Aceh Barat, untuk mempercepat pembangunan gedung baru guna menunjang aktivitas perkuliahan. 

“AKN Aceh Barat butuh berapa hektar tanah? Pemkab Aceh Barat siap menghibahkan tanah berapa pun luas lahan yang diperlukan," kata Ramli MS menambahkan.

Ia juga menegaskan bahwa jika kerja sama lainnya yang diperlukan, dari Pemkab Aceh Barat siap membantu.

Sementara itu, Wakil Direkur AKN Aceh Barat Hanif mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang telah terjalin selama ini.

 Untuk selanjutnya, AKN Aceh Barat akan membentuk tim guna mempercepat pendirian program studi baru.

“Selama ini, AKN Aceh Barat telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik dengan stakeholder maupun dengan SMK yang ada di Aceh Barat. Semoga kerja sama ini terus terjalin guna peningkatan pendidikan yang berbasis vokasi,” kata Hanif.

AKN Aceh Barat merupakan perguruan tinggi negeri vokasi. 

Saat ini, terdapat tiga program studi, yakni  (1) D-2 Instalasi dan Pemeliharaan Jaringan Listrik, (2) D-2 Konstruksi Pondasi, Beton dan Pengaspalan Jalan, dan (3) D-2 Teknologi Pengelasan Logam. Penambahan program studi tersebut, diharapkan sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah. 

“Kami mengharapkan dari Pemkab Aceh Barat menugaskan pegawai yang berkompeten untuk menjadi dosen part time di prodi yang akan diusulkan. Tentunya, pegawai dari Pemkab Aceh Barat memiliki banyak pengalaman dan mumpuni di bidangnya,” kata Hanif.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021