Bupati Aceh Barat Ramli MS mengajak warganya khususnya kaum perempuan di daerah itu agar segera mengganti tanaman hias “Janda Bolong” atau sejenisnya, dengan tanaman produktif di pekarangan rumah guna meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi.

“Saya minta kepada kaum perempuan di Aceh Barat agar segera mengganti bunga pohon keladi dengan tanaman produktif, jangan hamburkan uang untuk tanaman yang tidak ada ada manfaat dan nilai ekonominya,” kata Ramli MS di Meulaboh, Sabtu.

Menurutnya, selama ini dengan maraknya isu tanaman pohon keladi, telah membuat masyarakat di Aceh dan Tanah Air larut dengan euforia tanaman hias yang menurutnya tidak ada manfaat secara ekonomi.

Apabila masyarakat mengganti tanaman tersebut dengan tanaman produktif seperti cabai, bawang, selada, aneka sayuran, serta tanaman produktif lainnya, maka tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bumbu dapur.

Dengan adanya tanaman palawija dan aneka sayuran, maka hal ini akan menghemat pengeluaran di rumah tangga masing-masing masyarakat.

“Daripada membeli tanaman janda bolong yang harga jualnya dari ratusan ribu hingga jutaan per batang, lebih baik manfaatkan uang tersebut untuk tanaman produktif di pekarangan rumah, lebih banyak manfaatnya,” kata Ramli MS menambahkan.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh kaum perempuan di Aceh Barat agar segera meninggalkan kebiasaan membeli tanaman hias, lalu mengganti tanaman tersebut dengan aneka tanaman yang lebih bermanfaat untuk kebutuhan harian rumah tangga.

“Sudah cukup kita “dibodohi” dengan tanaman hias itu, tidak ada manfaatnya sama sekali untuk ekonomi masyarakat. Ayo mulai sekarang kita galakkan tanaman palawija di halaman rumah,” kata Ramli MS.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021