Gubernur Aceh Nova Iriansyah direncanakan akan melepas keberangkatan penumpang perdana Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 yang akan berangkat ke Simeulue dari Pelabuhan Calang Aceh Jaya.

"Insya Allah Pak Gubernur Aceh akan langsung melepas keberangkatan perdana KMP Aceh Hebat 1 ke Simeulue," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto di Calang Aceh Jaya, Selasa.

Iswanto menjelaskan Kapal Ferry KMP Aceh Hebat 1 telah melakukan uji sandar ke Pelabuhan Kolok Sinabang pada awal Februari  dan saat itu Gubernur ikut langsung dalam perjalanan selama 12 jam tersebut.

Kapal Aceh Hebat 1 ini merupakan satu dari tiga kapal Ferry Ro-Ro yang dipesan dari tiga galangan berbeda sejak Oktober 2019 lalu. Dan kapal ini merupakan yang terbesar, karena jarak tempuhnya juga cukup jauh.

KMP Aceh Hebat 1 diperuntukkan untuk mengarungi Perairan Aceh yang menghubungkan kawasan Pantai Barat-Selatan Aceh dengan Kabupaten Simeulue.

Ada beberapa keistimewaan yang disebut dimiliki Kapal Ferry Aceh Hebat 1 ini. Selain ukurannya yang cukup besar panjang 70 meter dan lebar 15 meter dengan fasilitasnya juga cukup lengkap sehingga mampu menghadirkan sarana transportasi laut yang nyaman bagi masyarakat. 

Kapal itu tersebut mampu mengangkut 250 penumpang, dan 33 unit kendaraan campuran.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021