Baitul Mal Aceh melalui Baitul Mal Aceh Timur merencanakan akan membentuk Baitul Mal ditingkat Gampong/desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat gampong.

Wakil Bidang Perencanaan Baitul Mal Aceh Dr Abdul Rani Usman di Aceh Timur, Selasa mengatakan sebelum membentuk Baitul Mal Gampong, pihaknya terlebih dahulu memberi penyuluhan kepada pihak terkait, sehingga dapat menyamakan persepsi.

“Penyuluhan ini nantinya dapat melahirkan suatu program terkait dengan usaha gampong, program usaha bersama yang terkoneksi dengan Baitul Mal Aceh Timur  dan Pemerintah Aceh Timur," katanya.

Menurut dia kehadiran pihaknya yang ikut bekerja sama dengan Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga bagian memberikan motivasi untuk Baitul mal Gampong yang nantinya apa bila sudah memiliki manajemen organisasi baik struktur, sistem dan dana, suatu saat Baitul Mal akan mendukung dana sesuai kebutuhan dan sesuai kemampuan Baitul Mal Aceh.

"Hari ini Baitul Mal Aceh hadir memberi motivasi dan penyuluhan serta bekerjasama dengan pascasarjana UIN Ar-Raniry, karena itu Baitul Mal sangat berperan dalam mengentaskan kemiskinan," kata Rani.

Dalam kesempatan tersebut Abdul Rani Usman juga memberikan materi terkait Peran Baitul Mal Gampong dalam Qanun Aceh No. 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal.

Plt Kepala Baitul Mal Aceh Timur, Zairi, mengatakan dalam beberapa tahun terakhir Baitul Mal Aceh Timur telah merencanakan membentuk Baitul Mal Gampong pada masing-masing Kecamatan,  dan untuk pertama kalinya pembentukan Baitul Mal Gampong di Kecamatan Madat.

Camat Madat Mukhtaruddin mengatakan Kecamatan Madat memiliki potensi ekonomi yakni perikanan dan pertanian.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021