Menyambut bulan suci ramadan, Pemerintah Banda Aceh bersama Perum Bulog Kanwil Aceh menggelar pasar murah untuk lima jenis bahan pokok yang disubsidi Pemerintah Aceh. 

"Pasar murah kita laksanakan dalam rangka menyambut bulan suci ramadan 1442 hijriah, ada lima jenis bahan pokok yang kita sediakan," kata Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM (Diskopukmdag) Banda Aceh M Nurdin, di Banda Aceh, Kamis. 

Pelaksanaan pasar murah ini diselenggarakan selama lima hari mulai dari 4 sampai 8 April 2021 mendatang, di Taman Bustanussalatin Banda Aceh.

M Nurdin menyebutkan, terdapat lima jenis bahan pokok yang disubsidi oleh Pemerintah Aceh dengan menyediakan sebanyak 10.000 kilogram (kg) beras, 8.000 kg gula, 5.000 liter minyak goreng, 2.000 kg tepung terigu dan 40.000 butir telur dengan total subsidi sebesar Rp 85 juta. 

"Bahan pokoknya yang disubsidi oleh pemerintah yaitu beras, tepung terigu, gula pasir masing-masing Rp 3.000 per kilogram, minyak goreng Rp 3 000 per liter, dan telur disubsidi sebanyak Rp 2.50 per butir," ujarnya. 

Nurdin menjelaskan, pada pasar murah tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan peralatan usaha untuk 374 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banda Aceh.

Pada hari pertama pasar murah tersebut, kata Nurdin, ada penyerahan bantuan peralatan secara simbolis kepada tiga penerima dari masing-masing pelaku usaha. 

Di mana, tukang bangunan sebanyak 90 orang, penerima bantuan peralatan tukang las 70 orang, 85 penerima bantuan peralatan jualan jus, 54 peralatan tukang pangkas dan 75 penerima peralatan tukang perabot. 

"Tidak hanya itu, pasar murah juga dimeriahkan dengan aneka kuliner, makanan dan minuman pada bazar produk UMKM Kota Banda Aceh," kata Nurdin.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021