Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali meminta warga agar terus mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna menekan angka penyebaran virus COVID-19.

“Jangan lengah, pandemi masih berlangsung, kita semua harus tetap waspada dan tidak sepele, terus patuhi protokol kesehatan,” kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Minggu.

Aminullah mengaku khawatir terjadinya lonjakan kasus COVID-19 pasca libur panjang menyambut hari raya Idul Fitri ini. Meski sebelumnya telah diimbau dan dilarang mudik melewati zona yang ditentukan, namun hal itu belum menutup kemungkinan adanya penyebaran virus mematikan tersebut.

Aminullah menyebutkan, sejak sepekan terakhir angka penularan COVID-19 di Banda Aceh menunjukkan tren penurunan, serta meningkatnya angka kesembuhan. 

“Rata-rata setiap harinya ada 20 orang yang sembuh, tetapi yang meninggal dunia juga bertambah,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, hari ini terjadi penambahan sebanyak 11 pasien yang terkonfirmasi positif, dinyatakan sembuh 29 orang, dan meninggal dunia dua orang.

Secara akumulasi, ada 2.863 pasien yang telah terpapar COVID-19, 2.597 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, dalam perawatan 165 orang, dan meninggal dunia 101 orang.

Guna menekan angka penyebaran, Aminullah kembali memerintahkan Tim Siaga COVID-19 gencar merazia tempat-tempat yang ramai dan tidak menerapkan prokes dengan baik. 

“Mohon kita indahkan aturan prokes yang berlaku. Kita harap situasi kembali membaik, dan aktivitas bisa normal seperti biasanya,” kata Aminullah.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021