Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab mengawali Musim Taman (MT) Gadu tahun 2021 dengan melepas air di pintu bendungan Krueng Aceh di Gampong Seuneubok, Kecamatan Seulimuem.

“Pelepasan air ini menandai dimulainya pembajakan sawah pada musim tanam Gadu serentak tahun ini,” katanya di Aceh Besar, Senin.

Ia menjelaskan dengan pelepasan air tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan air dengan baik dan maksimal serta secukupnya.

“Alhamdulilah sampai saat ini Allah masih memberikan rahmat air kepada kita sekalian baik untuk keperluan hidup manusia, hewan dan sekalian makhluk lainnya. Air juga dimanfaatkan untuk keperluan pertanian, gunakan air dengan baik dan syukuri nikmat Allah, karena sungai kita terus mengaliri air,” katanya.

Ia juga berharap kepada dinas PUPR Aceh Besar untuk lebih giat lagi mengatur debit air sesuai peruntukan.

“Kami juga berharap dengan masa tanam serentak bisa sukses, sehingga hasilnya nanti juga untuk masyarakat sendiri, di mana petani memiliki stok bahan pangan apalagi di tengah pandemi COVID-19.,” katanya.

“Dengan semangat doa kepada Allah SWT, gotong royong dan saling berbagi, terutama air tentu musim tanam tahun ini akan menghasilkan terbaik,” tutur Waled Husaini.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan, supaya sumber air tetap terjaga serta menghindari terjadinya bencana alam yang dapat mengakibatkan rusaknya insfratruktur.

“Mari kita jaga infrastruktur yang sudah dibangun agar masa pemanfaatannya dapat dirasakan untuk jangka waktu lama dan hidupkan kembali budaya gotong royong, seperti membersihkan saluran irigasi guna menjaga supaya aliran air dapat lebih lancar,” katanya.

Kadis Pengairan Aceh, Adi Surya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dan para petani untuk menjaga dan memanfaatkan air, dimana tekanannya selalu terbatas.

“Kita optimalkan air yang ada untuk penanaman, khususnya padi. Air tidak pernah cukup, jadi semua kita dapat mengefesiankan dengan menghemat,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021