Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyatakan menyiapkan anggaran sebesar Rp54 miliar untuk penanganan COVID-19 yang saat ini terus meningkat di daerah itu.

“Anggaran yang kita siapkan merupakan bagian dari refocusing anggaran tahun 2021 dan dana ini di luar dari pemotongan langsung oleh pusat dari dana DAU dan DID yang tidak Kembali lagi ke kas daerah sebanyak Rp13 miliar,” kata Bupati Aceh Jaya T.Irfan TB di Calang, Selasa.

Ia menjelaskan dalam rangka refocusing anggaran tersebut pihaknya fokus dalam bidang Kesehatan untuk penanganan COVID-19 dan bidang ekonomi masyarakat.

Menurut dia untuk bidang peningkatan ekonomi di masa pandemi nanti akan fokus pada bidang pertanian seperti untuk pengadaan bibit, ketahanan pangan, peningkatan sarana dan prasarana UMKM serta sumber daya manusia.

Irfan menambahkan dari tim panitia anggaran pemerintah daerah dalam rangka  Refocusing anggaran ada kegiatan -kagiatan yang memang dilakukan pemotongan termasuk belanja pegawai yang akan dilakukan penundaan dalam rangka Refocusing anggaran namun tidak semua dilakukan pemotongan.

Ia mengatakan anggaran yang sifatnya untuk public tidak dilakukan pemotongan karena hanya dari sumber DAU dan DID termasuk belanja pegawai dilakukan penundaan pembayaran dan akan di lihat nanti pada saat perubahan pada Agustus sampai  Desember.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021