Sebanyak 243 gampong di Kabupaten Aceh Besar akan menggelar Pemilihan Keuchik Secara Langsung (Pilchiksung) pada 16 September 2021.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah menyusun jadwal serta tatacara agar kegiatan tersebut berlangsung lancar dan sukses,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan 243 gampong yang bakal menggelar Pilchiksung tersebut tersebar pada 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar. 

“Jumlah gampong seluruhnya di Aceh Besar sebanyak 604 gampong dan yang akan mengadakan Pilchiksung pada 16 September 2021 sebanyak 243 gampong,” katanya.

Ia berharap, Pilchiksung tersebut akan melahirkan pemimpin di gampong yang mampu bekerja dan amanah untuk kelancaran pemerintahan gampong dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. 

“Saya minta dukungan penuh dari para Muspika, tokoh-tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat Aceh Besar demi suksesnya perhelatan Pilchiksung ini,” katanya.

Kabag Pemerintahan, M Hasan didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Besar, Muhajir menyebutkan ke-23 kecamatan yang akan melaksanakan Pilciksung meliputi Kecamatan Darussalam sebanyak 11 gampong, Mesjid Raya sebanyak 13 gampong, Suka Makmur sebanyak  6 gampong, Montasik sebanyak 8 gampong dan Kuta Cot Glie sebanyak 6 gampong.

Selanjutnya Kecamatan Kota Jantho sebanyak 5 gampong, Simpang Tiga sebanyak 6 gampong, Lhoknga sebanyak 17 gampong, Krueng Barona Jaya sebanyak 6 gampong. Selanjutnya, Kecamatan Baitussalam sebanyak 2 gampong, Lhoong sebanyak 18 gampong dan Peukan Bada sebanyak 13 gampong.

Kemudian Kecamatan Darul Imarah sebanyak 8 gampong, Kuta Malaka sebanyak 7 gampong, Ingin Jaya sebanyak 12 gampong, Darul Kamal sebanyak 4 gampong, Kuta Baro sebanyak 16 gampong, Blang Bintang sebanyak 11 gampong, Seulimuem sebanyak 27 gampong, Pulo Aceh sebanyak 11 gampong, Indrapuri sebanyak 10 gampong, Leupueng sebanyak 2 gampong, dan  Lembah Seulawah sebanyak 4 gampong.

Ia menambahkan sesuai tahapan yang sudah disusun oleh Pemkab Aceh Besar, pelantikan keuchik gampong akan dilantik Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali pada 28 Oktober 2021.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021