Proses migrasi TV analog ke digital tahap pertama di provinsi Aceh mulai diberlakukan pada hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2021, yakni untuk wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. 

"Jadi untuk Banda Aceh dan Aceh Besar off TV analog mulai 17 Agustus 2021 ini, semuanya sudah digital," kata Kepala Diskominfo Aceh Marwan Nusuf, di Banda Aceh, Rabu. 

Marwan mengatakan, penerapan analog switch off (ASO) ini dilaksanakan sampai dengan lima tahap, dan untuk tahap pertama ini hanya berlaku di Banda Aceh dan Aceh Besar, sedangkan untuk 21 daerah lainnya segera menyusul. 

"Artinya pada 17 Agustus nanti hanya di Banda Aceh dan Aceh Besar yang tidak bisa gunakan TV analog lagi, daerah lain di Aceh masih bisa," ujarnya. 

Marwan menyampaikan, pihaknya terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait migrasi tersebut, serta selalu berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh. 

"Kita sama-sama sosialisasi ASO ini yang akan berlaku di Banda Aceh dan Aceh Besar, sehingga tidak timbul masalah di masyarakat," kata Marwan.

Sementara itu, Komisioner KPIA Teuku Zulkhairi mengatakan mereka terus mengevaluasi kesiapan lembaga penyiaran dan juga informasi dari  pemerintahan di Aceh supaya terjadi kesepahaman dalam agenda migrasi TV analog ke digital tersebut. 

"Apalagi ini sudah mendesak karena 17 Agustus 2021 itu tinggal dua bulan lagi," kata Teuku Zulkhairi. 

Zulkhairi menegaskan, pihaknya ke depan akan terus meningkatkan pengawasan ketika penyiaran sudah berubah ke digital. Namun, mereka juga membutuhkan partisipasi masyarakat dalam mengontrol siaran. 

"Kita sampaikan kepada masyarakat, penyiaran seperti apa saja yang boleh disiarkan, peran dan partisipasi masyarakat dibutuhkan dalam proses pengawasan ini," ujar Zulkhairi.

Untuk diketahui, tahapan ASO 2022 tersebut dilaksanakan lima tahapan berdasarkan wilayah, terakhir hingga 2 November 2022.

Tahap pertama 17 Agustus 2021, tahap II paling lambat 31 Desember 2021, tahap ke III 31 Maret 2022, tahap IV 17 Agustus 2022, dan tahap ke V paling lambat 2 November 2022.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021