Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menyediakan sebanyak 7.969 ekor hewan kurban, mulai dari sapi, kerbau, kambing dan domba, untuk disembelih saat hari raya Idul Adha 1442 Hijriah.

“Sampai dengan hari ini kita sudah menyediakan sekitar 7.969 hewan kurban Idul Adha, dan itu terbesar di seluruh kecamatan yang ada di Aceh Besar,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar SP di Aceh Besar, Sabtu.

Jakfar merincikan, sebanyak 7.969 ekor hewan kurban tersebut terbagi dari sapi sebanyak 4.165 ekor, kerbau 978 ekor, kambing 2.718 ekor serta domba yang hanya 108 ekor. 

Baca juga: Penjualan hewan kurban di Lhokseumawe lesu

Sementara itu, kata Jakfar, pemerintah juga telah menetapkan harga hewan kurban yang diperjualbelikan yakni ini sapi mulai Rp15 juta sampai Rp20 juta per ekor, kerbau dari Rp16 juta sampai Rp25 juta per ekor. 

"Sedangkan untuk kambing dan domba kurban harganya mulai dari Rp2,5 juta sampai dengan Rp3 juta per ekor," ujarnya.

Tak hanya untuk kurban, lanjut Jakfar, pihaknya juga telah menyediakan sebanyak 2.353 ekor untuk dipotong saat tradisi meugang yakni meliputi sapi jantan 1.774 ekor, kerbau jantan 565 ekor dan kerbau betina tidak produktif 14 ekor. 

Baca juga: BSI serahkan hewan kurban untuk Aceh Rp225 juta

"Untuk harga daging di hari tradisi meugang Idul Adha ini kita perkirakan mencapai Rp160 ribu sampai Rp170 ribu per kilogram," kata Jakfar.

Jakfar menyampaikan bahwa jumlah hewan ternak tersebut akan bertambah lagi mengingat kegiatan itu berlangsung di seluruh kecamatan hingga gampong (desa) di kabupaten setempat.

“Kita juga mendata seluruh hewan kurban dengan menurunkan tim ke lapangan untuk memastikan seluruh hewan kurban yang disembelih aman dikonsumsi,” ujarnya.

Baca juga: Pemkot pastikan kesehatan hewan kurban dari penyedia di Banda Aceh

Jakfar menambahkan, pihaknya juga telah menugaskan petugas kesehatan hewan untuk memeriksa langsung kesehatan ternak yang akan disembelih saat meugang dan hari raya Idul Adha. 

Dirinya juga mengimbau masyarakat proaktif untuk menyampaikan kepada petugas kesehatan tentang kondisi hewan kurban yang akan disembelih, sehingga bisa langsung dilakukan pemeriksaan agar benar-benar layak dikonsumsi.

Sementara itu, untuk harga hewan kurban kambing dan domba di kawasan pasar Cot Iri Aceh Besar juga tidak beda jauh dengan yang ditetapkan pemerintah. 

Di mana para pedagang menjual kambing dan domba nya mulai dari Rp2 juta sampai Rp4 juta sesuai dengan ukuran hewan tersebut.

"Kalau untuk ukuran besar ini yang tingginya lebih kurang satu meter ini harganya sampai Rp4 juta, kalau yang kecil sedikit Rp2 juta," kata pedagang hewan kurban di Cot Iri Aceh Besar Yahli, di Aceh Besar, Sabtu. 

Yahli menuturkan bahwa semua hewan kurban yang dijual tersebut telah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan sehat atau layak disembelih saat Idul Adha mendatang.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021