Anggota DPR RI Illiza Sa'aduddin Djamal menyarankan agar pelaku usaha harus kreatif memanfaatkan digital dalam menjalankan usahanya di tengah pandemi COVID-19. 

"Kami selalu memberikan Bimtek kepada pelaku usaha ekonomi kreatif bagaimana mereka harus melakukan usahanya dengan menggunakan digital," kata Illiza Sa'aduddin Djamal, di Banda Aceh, Jumat.

Illiza mengaku prihatin dengan kondisi pandemi yang belum diketahui kapan berakhir ini, karena itu perlu berikhtiar dan berdoa bersama agar virus corona ini segera hilang di Indonesia.

"Banyak hal yang telah dilaksanakan Pemerintah Indonesia sampai dengan PPKM yang dilakukan berulang kali, namun jumlah kasus terpapar terus meningkat," ujarnya.

Illiza menegaskan, kondisi ini jangan membuat masyarakat Indonesia hilang semangat perjuangan, semua memahami bahwa keadaan ini telah berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat dari semua tingkatan.

Kata Illiza, pelaku usaha ekonomi kreatif juga sangat merasakan dampak akibat COVID-19 ini, maka dari itu semua pihak harus memikirkan jalan keluarnya, karena tidak bisa masyarakat hanya duduk saja tanpa melakukan aktivitas apapun. 

"Konten kreator yang baik menjadi contoh, sehingga usaha mereka tetap berjalan di tengah pandemi ini," kata politikus PPP itu.

Selain itu, lanjut Illiza, terhadap perekonomian di lokasi wisata selama pandemi ini sebenarnya bisa diaktifkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti mengatur pembatasan jumlah wisatawan yang masuk dan keluar dari sebuah objek wisata. 

"Berapa jumlah yang keluar begitu juga yang masuk, ini artinya solusi, tidak mungkin usaha ditutup secara total begitu lama," ujarnya.

Illiza menegaskan bahwa usaha masyarakat harus tetap berjalan di tengah pandemi, tidak bisa mereka berhenti begitu saja. Terutama masyarakat yang bekerja sehari untuk kebutuhan hidup sehari.

Dirinya juga berharap kepada pemerintah selama penerapan PPKM darurat ini dapat memberikan bantuan kepada masyarakat baik dari sisi pemenuhan kebutuhan pokok, vitamin obat-obatan serta berbagai kebutuhan lainnya.

"Kita berharap dan meminta kepada masyarakat harus benar-benar bersabar dengan kondisi saat ini, sembari berdoa agar pandemi ini segera berakhir," demikian Illiza.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021