Kabupaten Aceh Tengah untuk pertama kalinya menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Kamis.

Penghargaan ini diterima oleh Pemkab Aceh Tengah secara virtual melalui zoom meeting di Gedung Ummi Pendopo Bupati setempat langsung dari Menteri PPPA Bintang Puspayoga.

"Penghargaan KLA ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat atas komitmen yang dilakukan pemerintah daerah dalam hal pemenuhan hak anak dan perlindungan anak," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam sambutannya.

Baca juga: Aceh Barat raih penghargaan kabupaten layak anak tahun 2021

Bintang mengharapkan dengan penghargaan tersebut dapat terus mendorong pemerintah daerah dalam memotivasi masyarakat, media, dan dunia usaha, agar semakin paham terhadap upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak yang harus dipikul bersama.

Namun yang terpenting kata dia terbentuknya Kabupaten atau Kota Layak Anak tujuannya adalah untuk mewujudkan sebuah wilayah yang memungkinkan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, terbebas dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, dan eksploitasi.

Baca juga: Aminullah terima penghargaan "Kota Layak Anak 2021" dari Gubernur Aceh

Sementara Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam hal ini mengaku sangat bersyukur atas penghargaan Kabupaten Layak Anak yang diterima untuk pertama kalinya oleh kabupaten penghasil kopi arabika Gayo tersebut.

Menurutnya dengan penghargaan tersebut pihaknya akan semakin berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan hak anak, mendengarkan suara anak, dan melibatkan partisipasi anak dalam pembangunan.

Baca juga: Bupati Aceh Barat deklarasikan kabupaten muslimin layak anak

"Semoga penghargaan yang kita raih ini menjadi motivasi kita dalam mewujudkan pelayanan pemerintahan yang ramah anak serta pembangunan yang berorientasi pada hak-hak anak," kata Shabela Abubakar usai menerima penghargaan tersebut.

Bupati ini juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan hingga terlaksananya program-program Pemkab Aceh Tengah yang sesuai dengan indikator tercapainya Kabupaten Layak Anak.

Dia berharap komitmen untuk mewujudkan Kabupaten Aceh Tengah sebagai Kabupaten Layak Anak secara paripurna dapat terus ditingkatkan secara bertahap.

Sementara itu disebutkan momen resmi penganugerahan Penghargaan KLA Tahun 2021 ini akan dilakukan langsung oleh Menteri PPPA RI pada minggu kedua bulan September mendatang.

Selain Kabupaten Aceh Tengah, Penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak Tahun 2021 Tingkat Pratama juga diraih oleh 6 Kabupaten Kota lainnya di Aceh. Dan satu Kota lainnya berhasil memperoleh KLA dengan kategori Tingkat Madya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021