Pertamina Hulu Energi NSO (PHE-NSO) akan mengebor tiga sumur eksplorasi di Blok North Sumatera Offshore (NSO) lepas pantai Kabupaten Aceh Timur.

"Minyak dan gas menjadi target kita dalam eksplorasi tiga sumur di lepas pantai yang letaknya 80-90 mill dari bibir pantai PPN Idi, Aceh Timur," kata Drilling Project Coordinator PHE NSO Lutfy Faluthi Firdaus di Aceh Timur, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya telah mengajukan rencana kerja Blok NSO ke PT Pertamina (Persero). Pengeboran ini untuk mengantisipasi penurunan produksi, sehingga kita punya cadangan yang bisa menghasilkan.

Lutfy Faluthi Firdaus mengatakan pengeboran membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sebab kegiatan itu dilakukan di lepas pantai. 

"Nanti kita akan lakukan pengeboran satu titik sumur. Jika berhasil, maka kita lakukan pengeboran lanjut ke dua titik lain. Tapi jika tidak ada hasil, maka potensial akan dievaluasi kembali pengeboran selanjutnya," kata Lutfy.

Ditambahkan, Blok NSO merupakan blok yang diakuisisi Pertamina dari ExxonMobil pada Oktober 2015. Kini, PHE NSO telah mengelola blok tersebut. 

Terhitung Januari lalu, Kementerian ESDM RI telah menugaskan, Pertamina untuk mengelola delapan blok penugasan, salah satunya Blok NSO.

Sebagaimana diketahui, Blok NSO berada di perairan Selat Malaka, Provinsi Aceh. Luas wilayah kerja 3.633 KM2. Blok NSO mulai berproduksi sejak 1996 dengan puncak produksi 400 juta kaki kubik per hari.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021