Blangpidie, (ANTARA Aceh) – Masyarakat meminta kepada pemerintah agar Pukesmas Ie Lhob yang berada diperbatasan Kecamatan Setia dan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya, dapat ditingkatkan statusnnya menjadi rawat inap untuk meningkatkan pelayanan.
     
Tokoh masyarakat Kecamatan Tangan-tangan Muslizar MT,SP kepada aceh.antaranews di Blangpidie, Selasa menyatakan, banyak kejadian pasien hamil yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akhirnya melahirkan di jalan, karena jaraknya jauh dari kecamatan.
     
Mantan Wakil Ketua DPRK Abdya ini berharap Pukesmas Ie Lhob yang berada antara Keamatan Tangan-Tangan dan Kecamatan Setia dapat ditingkatkan statusnya menjadi Pukesmas rawat inap, apalagi tanah untuk perluasannya masih luas.
     
"Cukup banyak keuntungan yang diperoleh masyarakat, terutama pasien rujukan yang sakitnya tidak terlalu parah," ungkap Muslizar.
     
Hal senada juga dikatakan oleh Keuchik Gampong (kepala desa) Ie Lhob, yang menyebutkan, selama ini banyak wargannya yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Kabupaten terpaksa harus mengeluarkan biaya lumayan besar, misalnya biaya transportasi keluarga pasien dan biaya makan penunggu.
     
Padahal, lanjut dia, dengan ditingkatkannya status Pukesmas Ie Lhob menjadi rawat inap cukup besar manfaatnya, karena bila ada masyarakat yang sakitnya tidak terlalu parah dan membutuhkan rawat inap sudah bisa ditangani oleh pukesmas itu.
     
Ia melanjutnya, keberadaan pukesmas rawat inap dapat menekan pengeluaraan biaya masyarakat lemah yang keluarganya sedang sakit.
     
"Mayoritas penduduk desa saya petani, dan masih banyak yang belum sejahtera. Kepada pemerintah kami sangat berharap agar Pukesmas Ie Lhob yang selama ini statusnya rawat jalan dapat ditingkatkan menjadi rawat inap," harap Abdul Karim.
     
Camat Tangan-Tangan Teuku Ruslan Ahmad saat dikompirmasi mengatakan, di wilayahnya saat ini ada dua pukesmas, tapi keduanya hanya melayani rawat jalan.
     
"Ada dua, yaitu di Ie Lhob dan Suak Nibong. Keduanya belum memiliki rawat inap. Padahal masyarakat sangat membutuhkan," katanya.
     
Lebih lanjut, Ruslan mengatakan untuk mendapatkan layanan rawat inap, warga harus ke RSUD Teuku Peukan di Padang Meurante - Susoh. Dan ada yang ke klinik swasta di Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, bagi yang mampu.
     
Ia berharap Pemkab Abdya memprioritaskan layanan publik tersebut, apalagi Pukesmas Ie Lhob sudah sangat layak ditingkatkan fasilitas rawat inap.
     
Selain Pukesmas tertua di wilayah tersebut juga memiliki tata letak yang sangat strategis yang nantinya dapat difungsikan warga di dua kecamatan.
     
"Pukesmas Ie Lhob cocok ditingkatkan statusnya, selain dapat dimanfaatkan dua kecamatan, juga masih dapat di perluas lagi lokasinya," demikian Ruslan.

Pewarta: Pewarta Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015