Sebanyak 85 peserta mengikuti Lomba Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK) tingkat Kabupaten Aceh Tengah tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah Muslim mengatakan Lomba MQK tahun ini melombakan tiga cabang perlombaan yaitu tingkat Ula, Wustha, dan Ulya.

"Tingkat Ula berjumlah 32 peserta putra dan putri, tingkat Wustha sebanyak 41 peserta, dan tingkat Ulya 12 peserta," kata Muslim, Selasa.

Dia menyampaikan pelaksanaan lomba akan berlangsung selama tiga hari hingga 29 September 2021, dan telah dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar pada Senin (27/9).

Para pemenang dalam lomba ini kata Muslim nantinya akan mewakili Aceh Tengah pada MQK Tingkat Provinsi Aceh di Banda Aceh.

"Untuk lomba tingkat provinsi akan berlangsung pada tanggal 12-17 Oktober 2021 di Asrama Haji Kota Banda Aceh," katanya.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam hal ini berharap agar lomba MQK mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas bacaan peserta serta pemahaman dan pendalaman sekaligus pengamalan dari bab-bab di kitab kuning.

Dia menuturkan bahwa kitab kuning merupakan kitab klasik karya ulama-ulama terdahulu yang tidak hanya terdiri dari satu kitab tapi bisa terdapat puluhan bahkan ratusan kitab.

"Tergantung dari tingkat dan bidang yang dipelajari oleh seseorang," kata Shabela.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021