Zakat infaq sedekah (ZIS) PT Indosat berkolaborasi dengan Rumah Zakat meluncurkan Desa Berdaya Krueng Raya Kota Sabang yang berlangsung di Pantai Jurong Ilham Syukuran, Ujung Sikundo Krueng Raya Sabang, Rabu (20/10).

"Pada hari ini kita telah meluncurkan program desa berdaya di titik yang ke 33 di Desa Krueng Raya. Semoga ini benar-benar bisa memberikan kemanfaatan bagi warga kampung nelayan di desa ini," kata Direktur Operasional ZIS PT Indosat Juni Hadi di Sabang.

Desa berdaya merupakan sebuah program ZIS Indosat terkait pemberdayaan masyarakat desa melalui aktivitas pembinaan dan pendampingan secara berkala yang mendorong ke arah kemandirian warga, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian.

Juni Hadi menjelaskan ada tiga program desa berdaya yang akan dilaksanakan di Desa Krueng Raya yakni budidaya tripang, pemberdayaan masyarakat dalam pembuatan sablon terutama bagi pemuda, dan program rumah sehat tanpa asap rokok.

"Pertama pemberdayaan tripang, karena memang harganya secara ekonomis dan cukup menjanjikan. Kedua, potensi remaja dan pemudanya Kita akomodir dengan keterampilan sablon, dengan harapan di Sabang ini akan punya Sablon Sabang Center," katanya.

Yang ketiga, lanjut dia, rumah sehat bebas rokok. Program itu terbentuk melihat mayoritas di Desa Krueng Raya adalah nelayan yang cukup intensif berinteraksi dengan rokok hampir 24 jam. Maka dengan adanya penyuluhan dan pendekatan secara personal, targetnya dapat mengurangi interaksi masyarakat dengan rokok.


Sementara itu, Branch Manager Kantor Perwakilan Rumah Zakat Provinsi Aceh, Riadhi mengatakan program desa berdaya kolaborasi ZIS Indosat dan Rumah Zakat itu, sebelumnya telah melalui proses sosial maping dengan mengangkat potensi lokal dari Desa Krueng Raya, sehingga nantinya dapat menambah nilai jual dan tingkat ekonomi pada masyarakat sekitar. 

Menanggapi hal ini, Wali Kota Sabang melalui Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kesra dan SDM, Junizar menyampaikan terimakasih kepada ZIS Indosat dan Rumah Zakat yang telah berkenan melakukan kegiatan-kegiatan penyaluran zakat berbentuk pemberdayaan masyarakat di Kota Sabang.

"Semoga warga gampong Krueng Raya, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari remaja sampai yang berkeluarga, dapat terlibat dalam kegiatan ini, sehingga mampu mendukung dan meningkatkan ekonomi keluarganya," katanya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021