Sekda Aceh,Taqwallah mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi.

“Mari kita selaku pemimpin baik itu di tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Kampung, untuk terus gencar dalam memberikan pemahaman pada masyarakat tentang manfaat dari vaksinasi ini,” kata Sekda Aceh di Takengon, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela Evaluasi Dana Desa 2021 dan percepatan pencairan pada awal tahun 2022 serta evaluasi pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran masyarakat desa.

Ia menjelaskan vaksinasi bertujuan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap serangan virus COVID-19, sehingga risiko yang ditimbulkan dari virus tersebut dapat di minimalisir.

“Vaksinasi juga merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam mencegah terjadinya penyebaran virus, walaupun sebagaimana diketahui bahwa vaksinasi tidak menjamin seseorang akan terbebas dari COVID-19, vaksinasi dapat meminimalisir gejala yang ditimbulkan oleh virus tersebut,” katanya.

Ia mengatakan pertemuan tersebut bertujuan mengevaluasi progres vaksinasi dan penyaluran dana desa di daerah untuk tahun anggaran 2021 serta melihat persiapan dari para Reje dengan dukungan Pemerintah Daerah melalui DPMK dalam upaya percepatan pencairan Dana Desa pada tahun 2022 mendatang.

Terkait penyaluran dana desa, Sekda Aceh selanjutnya menjelaskan, untuk tahun 2021 ini, Aceh menjadi salah satu Provinsi yang paling cepat jika dibandingkan daerah lain di Indonesia dalam pencairan dana desa, yang dapat dicairkan pada awal Januari lalu.

Karena itu, ia berharap untuk tahun 2022, target yang sama juga dapat kita capai bersama, minimal pada 10 Januari 2022 mendatang pencairan dana desa untuk tahap pertama telah dapat laksanakan.

Sekda Aceh Tengah Subhandy menyatakan Pemerintah Aceh Tengah berkomitmen untuk menyegerakan pencapaian angka vaksinasi hingga mencapai angka 75 persen.

"Kami meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di lingkup Pemkab Aceh Tengah, mulai dari kampung, Kecamatan dan Kabupaten untuk memantau progres vaksinasi lancar dan sesuai target,” katanya.

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021