Sabang (ANTARA Aceh) - Penyelam asal Medan, Sumatera Utara, meraih juara pada Pulau Weh Dive Festival yang dipusatkan di Pantai Gapang, Kota Sabang, Provinsi Aceh, 6-7 Juni 2015.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Ramadhani Sulaiman di Sabang, Minggu, mengatakan, penyelam asal Medan yang meraih juara pertama tersebut atas nama M Ilham Sulaiman.

"Yang bersangkutan menjuarai kelas bergengsi renang selam 5.000 meter. Atas prestasi tersebut, yang berangkutan meraih hadiah uang Rp5 juta plus trofi dan sertifikat," kata dia.

Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih Muhammad Habibi dan Anuar. Keduanya merupakan penyelam tuan rumah, Kota Sabang.

"Di bagian putri, juara pertama kelas 5.000 meter diraih Sissia Manaf dari Kota Langsa, juara kedua Salmawati dari Aceh Tengah dan Pooja dari Aceh Utara," kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi mengatakan festival selam Pulau Weh diikuti 111 penyelam dari berbagai daerah di Indonesia.

"Tercatat sebanyak 111 penyelam ikut ambil bagian memeriahkan festival selam Pulau Weh. Terdiri 73 penyelam pria dan 38 penyelam wanita. Mereka berlomba untuk dua kategori, yakni "sport diving" atau olahraga menyelam dan "fun diving" atau selam santai," kata Reza Fahlevi.

Reza mengatakan festival selam ini digelar untuk mempromosikan pariwisata Pulau Weh. Selama ini, Pulau Weh, Kota Sabang, dikenal dengan wisata selamnya. Terutama di kawasan Pantai Gapang dan Pantai Iboih, dan Pulau Rubiah.

"Promosi ini untuk menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi utama pariwisata Aceh dan Indonesia pada umumnya. Apalagi selama ini Pulau Weh yang lebih dikenal dengan Sabang sudah dikenal di dunia," kata dia.

Reza menambahkan festival selam tersebut juga dirangkai dengan "Seafood Culinary Competition", yakni atraksi lomba memasak kreasi berbahan makanan dari laut.  
    
"Kompetisi memasak ini menjadi media strategis mempromosikan kekayaan dan keberagaman sumber daya luat. Kekayaan laut tersebut diramu menjadi berbagai makanan kreasi," kata Reza Fahlevi.

Pewarta: Pewarta : M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015