Pemerintah Kota Banda Aceh menggagas kerjasama kemitraan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Kita sudah melakukan kunjungan ke Semarang dalam rangka sharing implementasi pembinaan dan pengembangan UMKM," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Sabtu.

Aminullah menyampaikan, pihaknya terus mempereratkan hubungan kerja sama kedua kota ini sekaligus merintis peluang kerjasama pembinaan dan pemberdayaan UMKM. 

Baca juga: Hasil produksi UMKM Aceh di pamerkan di Plaza Aceh

“Dari berbagai kelebihan kedua kota bisa ditukar dan ditiru untuk diterapkan di masing-masing daerah,” ujarnya.

Aminullah menyatakan, Pemko Banda Aceh perlu belajar banyak dari berbagai keunggulan inovatif Kota Semarang dalam pembinaan UMKM seperti Gerai Kopimi, aplikasi Gulo Asem, Dasaran67, kredit wibawa serta berbagai inovasi lainnya.

Sementara itu, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin menyambut baik rencana kerja sama dalam hal pengembangan UMKM tersebut, sehingga bisa saling berbagi keunggulan dalam pembinaan usaha mikro. 

Baca juga: Aminullah minta BSI dukung pengembangan dunia usaha di Aceh

"Saat ini Semarang sudah memiliki aplikasi data base koperasi dan UMKM yaitu Gerai Kopimi, aplikasi pemasaran online Gulo Asem yang digunakan untuk jual beli produk UMKM bagi kebutuhan Pemerintah Semarang," kata Iswar. 

Selain itu, Pemerintah Kota Semarang juga memiliki aplikasi Dasaran67 yang digunakan sebagai marketplace lokal produk UMKM Semarang, serta memiliki layanan kredit wibawa yaitu pelayanan pembiayaan bagi UMKM yang bekerja sama dengan Bank Jateng dan Bank Pasar.

Baca juga: Pemko serahkan modal kerja bergulir untuk pedagang Al Mahirah

Dalam kesempatan ini, Kadis Perdagangan Kota Semarang Fravarta juga memberikan penjelasan bahwa untuk mendukung UMKM, pihaknya memberikan fasilitas dua pasar khusus pemasaran produk UMKM dan menyediakan ruang publik kepada PKL.

Menyahuti informasi yang disampaikan dalam pertemuan tersebut, kedua kota sepakat untuk saling berbagi menerapkan berbagai keunggulan tersebut bagi kemajuan kedua kota.


 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021