Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh menjadikan event tour de Sabang (balap sepeda) sebagai ajang yang bakal digelar setiap tahunnya dalam rangka mencari bibit atlet sepeda. 

"Insyaallah ajang tour de Sabang menjadi agenda tahunan, pelaksanaan tahun pertama ini menjadi momen kita belajar," kata Ketua ISSI Aceh Darwati A Gani di Kota Sabang, Jumat.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh sedang melaksanakan event tour de Sabang 2021, kegiatan berskala nasional tersebut diselenggarakan pada 26-28 November 2021 di Kota Sabang.

Baca juga: Dispora tegaskan event tour de Sabang gratis, peserta melebihi target

Pada event tour de Sabang ini dilaksanakan dua kategori yakni untuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) serta khusus untuk sepeda balap (road bike), hingga ke titik 0 kilometer Indonesia.

Selain itu, juga dibuatkan agenda tambahan MTB on the road yang diikuti pesepeda khusus dari Aceh dengan empat kelas yang diikuti sekitar 60 peserta.

Darwati mengatakan, event tour de Sabang ini awalnya direncanakan hanya untuk atlet profesional, namun mengingat banyak komunitas yang tidak bisa ikut, maka dari itu dibuka secara umum.

Baca juga: Event tour de Sabang berdampak baik untuk ekonomi warga

Kata Darwati, pelaksanaan event ini sebenarnya masih jauh dari target yang diinginkan, hal itu karena terhalang pandemi COVID-19, sehingga peserta dari luar negeri tidak bisa mengikutinya.

"Peserta dari luar negeri terbatas datang, karena kalau turis datang maka harus isolasi terlebih dahulu, akhirnya kita cancel peserta luar negeri, jadi hanya dari Aceh dan luar Aceh saja," ujarnya.

Darwati mengakui bahwa saat ini pihaknya masih dalam tahapan belajar pada kegiatan perdana itu, ke depan event tersebut dapat dimaksimalkan lagi dengan mengikutsertakan pesepeda luar negeri.

"Harapan kami dari ISSI Aceh adalah ingin menghadirkan event olahraga bertaraf internasional," kata anggota DPR Aceh itu.

Baca juga: Event tour de Sabang untuk siapkan atlet sepeda Aceh menuju PON 2024

Dalam kesempatan ini, Darwati menuturkan bahwa selain bertanding pesepeda juga dapat menikmati keindahan alam Sabang, diving, serta bisa mengunjungi objek wisata lainnya.

"Dengan adanya event tour de Sabang juga akan membantu untuk meningkatkan perekonomian Sabang," ujarnya. 

Darwati juga berharap, melalui kegiatan ini akan terus muncul atlet-atlet sepeda Aceh. Apalagi Aceh menjadi tuan rumah pekan olahraga nasional (PON) 2024 mendatang. 

"Mungkin pemenang di event tour de Sabang ini untuk kategori umur 19 tahun akan bisa mewakili Aceh pada ajang besar lainnya nantinya," demikian Darwati.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021