Sebanyak 540 karya seni tanaman bonsai dipamerkan dalam ajang Pameran Bonsai Aceh Tengah 2021 di Lapangan Setdakab setempat, Sabtu.

"Kami selaku pemerintah daerah tentu sangat mendukung pameran bonsai ini. Pameran ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang. Bagi pecinta bonsai, ini juga merupakan aktivitas penuh cita rasa seni yang jika ditekuni akan dapat  menghasilkan usaha bernilai ekonomi," kata Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

Pameran tersebut digelar oleh Komunitas Gayo Bonsai Community (GABOC) dengan tema Kreativitas Seni Bonsai Menuju Pesona Pariwisata Tanoh Gayo.

Ia menjelaskan tanaman bonsai merupakan karya seni yang jika ditekuni serius akan dapat menambah nilai ekonomi masyarakat.

"Mengingat daya tarik terhadap bonsai saat ini biasanya diminati oleh kolektor yang juga tidak segan membeli dengan harga sangat tinggi. Hal ini tentunya jika ditekuni dengan baik akan menambah potensi ekonomi yang menjanjikan, dan juga dapat menarik minat kunjungan ke daerah Kabupaten Aceh Tengah," kata Shabela.

Ketua Panitia Pameran Armaja mengatakan pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat menjadi agenda rutin di Kabupaten Aceh Tengah dengan dukungan Pemkab setempat.

Menurut dia Aceh Tengah sudah layak mengagendakan kontes bonsai tingkat nasional.

"Kita akan buat kontes bonsai dengan peserta yang kita undang juga dari luar daerah. Tentu dengan support dan dukungan dari pemerintah daerah," katanya.

Pada pameran ini panitia juga mendirikan gerai vaksin COVID-19 untuk pengunjung yang ingin melakukan vaksinasi sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk segara mencapai target 70 persen vaksinasi di Kabupaten Aceh Tengah pada tahun ini.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021