Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya T. Reza Fahlevi menyatakan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) masih menjadi prioritas pada tahun 2022.

“Saat ini kita masih fokus program PSR yakni dengan menyampaikan usulan dan mengawasi yang telah berjalan sehingga program ini berhasil menjadi kebun rakyat,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, Senin.

Ia menjelaskan pengembangan PSR menjadi salah satu program Presiden Jokowi dalam membantu para petani sawit guna meningkatkan ekonomi keluarga.

“Kita juga sedang mengembangkan petani milenial pada tahun 2022 ini dan ini tidak terfokus dengan anggaran APBK dan APBA akan tetapi kita usulkan melalui pemerintah pusat atau melalui anggaran APBN ,” katanya.

Reza mengatakan untuk unggulan Aceh Jaya masih pada tanaman padi dan jagung serta nilam.

Menurut dia untuk jagung dan padi memang sangat diminati oleh para petani Aceh Jaya bahkan untuk jagung sendiri mereka bahkan tidak lagi berfokus pada bantuan pemerintah mereka langsung membeli bibit sendiri karena mereka sudah merasakan manfaat besar dari bertani jagung.

Pihaknya terus memfokuskan melalui anggaran APBK, APBA dan juga APBN guna meningkatkan ekonomi keluarga di Aceh Jaya.

“Saat ini untuk ketahanan pangan kita upayakan minimal bisa memenuhi ketahanan pangan keluarga dalam masyarakat,” katanya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022