Banda Aceh, 7/1 (Antara) - Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak para pengusaha untuk menanamkan investasinya di bidang  kelautan dan perikanan karena potensi sektor tersebut masih cukup potensial dikembangkan di provinsi itu.

"Kalangan dunia usaha, saya mengajak untuk  mau berinvestasi bidang kelautan dan perikanan, mengingat sektor ini sangat berpotensi untuk kita kembangkan dalam upaya meningkatkan perekonomian Aceh dimasa mendatang," katanya di Banda Aceh, Selasa.

Hal tersebut disampaikan gubernur disela-sela kegiatan operasionalisasi dan peletakan batu pertama pembangunan kawasan industri perikanan di Lampulo, Kota Banda Aceh.

Gubernur menyadari  bahwa pembangunan ekonomi Aceh tidak dapat hanya mengandalkan dari dana APBN, APBA, maupun APBK.

"Peran swasta dalam bentuk investasi, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri sangat diharapkan. Untuk mempercepat realisasi investasi di Aceh, kami akan memberikan beberapa kemudahan baik yang berbentuk fiskal maupun non fiskal," katanya menjelaskan.

Zaini menjelaskan kemudahan yang akan diberikan pemerintah kepada investor dalam bentuk fiskal yakni berupa pembebasan dari segala jenis pajak  maupun sewa lahan selama lima tahun, termasuk retribusi lainnya.

Sementara dalam bentuk non fiskal, Pemerintah Aceh akan memberikan kemudahan bagi investor sektor kelautan dan perikanan yakni dalam pelayanan perizinan, informasi dan jaminan keamanan serta kenyamanan dalam berinvestasi.

Gubernur juga meminta kepada para Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh  untuk meningkatan investasi melalui peningkatan pelayanan kepada para investor yang ingin berinvestasi di provinsi ini.

"Hindari birokrasi yang berbelit-belit dan menghambat investasi. Terhadap regulasi yang menghambat investasi agar segera direvisi dalam upaya peningkatan investasi di Aceh," katanya menambahkan.

Tujuan meningkatkan investasi yakni sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat  Aceh secara menyeluruh. "Karenanya saya bangga kepada pihak yang telah berinvestasi di kawasan industri perikanan di Lampulo sehingga tetap berjalan lancar seperti yang diharapkan," kata gubernur menjelaskan.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014