Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Kabupaten Aceh Barat melalui Rumah Tani Amir (RTA) menyalurkan bantuan sedikitnya 25 unit mesin pompa air kepada kelompok tani  sebagai upaya untuk mendorong produksi padi di daerah ini menjadi tiga kali dalam satu tahun.

“Alhamdulillah, dari total 25 unit bantuan mesin pompa air yang sudah kita salurkan ini, sebanyak delapan desa di Aceh Barat sudah bisa panen padi tiga kali dalam satu tahun,” kata Ketua ISMI Kabupaten Aceh Barat, Amiruddin di Meulaboh, Ahad.

Ia menjelaskan, ada pun delapan desa di Aceh Barat yang saat ini sudah bisa melakukan panen padi tiga kali dalam satu tahun, kata dia, diantaranya Desa Leubok,  Krueng Tinggai, Reusak, Deuah, Leukeun, Cot Masjid, serta Gampong Cot, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: Produksi padi di Aceh Utara capai 142,57 ribu ton

Sedangkan satu desa lainnya berlokasi di Desa Kuta Padang, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat.

Amiruddin menambahkan, sejumlah desa yang sudah berhasil melakukan panen padi selama tiga kali salam satu tahun tersebut, menggunakan lima unit mesin pompa air yang merupakan bantuan mantan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki yang saat ini menjabat Pj Gubernur Aceh.

Sedagkan  sisanya sebanyak 19 unit mesin pompa air, merupakan bantuan ISMI Aceh Barat dan bantuan Kodim 0105 Aceh Barat.

Baca juga: BPTP Aceh produksi 11 ton benih sumber dan sebar

Amiruddin menjelaskan bantuan pompa air yang sudah disalurkan oleh ISMI Aceh Barat tersebut, bertujuan untuk membantu petani dalam mengairi sawah di Aceh Barat yang sebagian besar diantaranya merupakan sawah tadah hujan.

Ia juga menjelaskan, dalam satu unit mesin pompa air, dapat mengairi seluas 60 hektare lahan sawah tadah hujan di Aceh Barat.

Dengan keberhasilan panen tiga kali dalam satu tahun di delapan desa yang menjadi percontohan di Aceh Barat, kata dia, pihaknya dalam tahun ini kembali beruupaya menyalurkan bantuan mesin pompa air kepada kelompok tani di daerah ini.

Baca juga: Genjot produktifitas Distan Aceh Jaya kembangkan padi IP 300

“Kami mengharapkan agar peran ISMI di Aceh Barat agar dapat membantu pemerintah daerah, dalam meningkatkan produksi padi masyarakat petani,” kata Amiruddin mengharapkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022