Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, HM Jamin Idham berharap kalangan ulama yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) agar dapat memperkokoh kebhinekaan, dan menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

“MPU mempunyai peran dan dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan serta toleransi di tengah berbagai perbedaan yang ada,” kata Bupati HM Jamin Idham, Selasa.

Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Majelis Permusyaratan Ulama (MPU) Kabupaten Nagan Raya Periode 2022-2027, dipusatkan di Anjungan Pendapa Bupati Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Menurutnya, sebagai lembaga yang independen, MPU juga mempunyai peran dan berfungsi untuk memberikan pertimbangan terhadap kebijakan daerah termasuk bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan serta tatanan yang islami.

Bupati HM Jamin Idham juga mengatakan MPU merupakan sebuah organisasi tempat berhimpun nya para ulama dan cendikiawan muslim di Kabupaten Nagan Raya. 

Ia yakin melalui wadah tersebut, nantinya para ulama dapat terus menjadi panutan masyarakat yang memiliki integritas moral dan memahami secara mendalam ajaran islam berdasarkan Al-Quran dan hadis serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami sangat bersyukur sekali karena antara lembaga pemerintah dengan abu (ulama) pengurus MPU dapat membuktikan sinergi yang harmonis dan langgeng, mudah - mudahan kondisi ini dapat terus berlangsung sehingga penyelenggaraan sistem pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya mengharapkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022