Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar Seminar Nasional Biotik tahun 2016 dalam upaya meningkatkan pemahaman dosen, guru dan mahasiswa.

"Seminar Biotik 2016 juga untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya mempersiapkan sumber daya manusia pada era masyarakat ekonomi asean (MEA), secara khusus kepada para pendidik," kata Ketua Panitia Seminar Biotik 2016, Eriawati di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan bertajuk Pendidikan berbasis "entrepreneurship" dan pelestarian sumberdaya alam hayati dalam mempersiapkan sumberdaya manusia pada era masyarakat ekonomi asean itu juga akan menjadi sarana menambah wawasan dan intelektualitas dosen, guru dan mahasiswa.

Ia mengatakan kegiatan yang dibuka Wakil Rektor II UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh H Luthfi Aunie turut menghadirkan sejumlah pembicara utama antara lain Jennifer Draiss dari Amerika yang saat ini konsen dengan lembaga Sumatera Orangutan Conservation Program (SOCP).

Selanjutnya Dekan FKIP Unsyiah Dr Djufri, Dr Hari Sutrisno dari Pusat Penelitian Biologi LIPI dan Khairullah dari Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Unsyiah dan Chumidach Roini dari Universitas Khairun Maluku Utara.

Eriawati menyebutkan seminar tersebut diikuti oleh 390 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa UIN Ar-Raniry, Universitas Syiah Kuala, STIK Pante Kulu, Unibersitas Muhammadiyah, Universitas Serambi Mekkah, Balai Perikanan Budidaya Air Payau Ujong Batee, balai pengkajian teknologi pertanian Aceh, Universitas Ubudiyah Indonesia, Universitas Gunung Leuser Kuta Cane.

Selain dari Aceh, juga ikut serta dari beberapa kampus antara lain dari Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Yokyakarta.

Sementara itu Sekretaris Prodi Biologi FTK UIN Ar-Raniry Samsul Kamal mengatakan seminar Biotik tersebut merupakan seminar nasional rutin tahunan yang ke-empat dilaksanakan di UIN Ar-Raniry dan ini manfaat dapat dirasakan langsung oleh dosen dan mahasiswa di Lingkungan UIN Ar-Raniry khususnya pada prodi Biologi.

Pewarta: Pewarta: Munawar Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016