Polisi wanita (polwan) Polda Aceh dipanggil Mabes Polri setelah terpilih bergabung mengikuti studi banding sistem kepolisian ke Jepang.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes P Winardy di Banda Aceh, Rabu, mengatakan polwan Polda Aceh yang dipanggil tersebut atas nama AKP Vifa Fibriana Sari.

"AKP Vifa Fibriana Sari saat ini menjabat Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe. AKP Vifa Fibriana Sari terpilih mengikuti studi banding sistem kepolisian," kata Kombes Pol Winardy.

Studi banding tersebut diikuti 12 personel Polri yang mengikuti. Studi banding tersebut merupakan program Japan International Cooperation Agency (JICS) atau Badan Kerja Sama internasional.

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan dari Polda Aceh hanya AKP Vifa Fibriana Sari yang dipanggil Mabes Polri. Saat ini, perwira pertama tersebut sudah berada di Jepang dan telah mengikuti orientasi.

"JICA sudah dua tahun tidak mengadakan studi banding karena pandemi COVID-19. Namun, tahun ini kembali melanjutkan program kerja sama studi banding yang diikuti belasan polisi dari Indonesia," kata Kombes Pol Winardy.

Nantinya, kata Kombes Pol Winardy, para peserta diharapkan dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin tentang kepolisian dan budaya di Jepang, sehingga bisa diadopsi untuk diterapkan oleh kepolisian di Indonesia.

"Dengan adanya personel Polda Aceh yang studi banding ke Jepang akan menambah profesionalitas kerja yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian di Provinsi Aceh," kata Kombes Pol Winardy.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022