Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjalin kerja sama bidang peningkatan kompetensi sumber daya manusia dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Banda Aceh.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal dengan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM, Dr Djajang Sukarna.

"Kerja sama ini akan memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan pelatihan dari Kementerian ESDM," kata Rektor Unsyiah, Samsul Rizal di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan Kementerian ESDM selama ini sudah konsisten memperhatikan berbagai sektor ESDM seperti bidang pertambangan dan berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut harus dipertahankan.

"Selama ini masih banyak mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah yang melakukan Kuliah Kerja Praktek (KKP) di berbagai perusahaan yang berkaitan dengan ESDM," katanya.

Ia mengatakan kerja sama tersebut juga  akan mempermudah mahasiswa Unsyiah untuk mendapatkan kesempatan yang sama karena sudah ada landasan hukum berupa MoU.

Samsul mengatakan Nota kesepahaman tersebut akan berlaku selama lima tahun dan akan diperpanjang jika diperlukan dengan lingkup kerja sama seperti penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sektor ESDM, pengabdian masyarakat, serta diskusi, seminar, lokakarya dan workshop.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM, Dr Djajang Sukarna mengatakan Unsyiah sangat responsif dalam kerja sama tersebut.

"Program studi Teknik Pertambangan Fakultas Tehnik Unsyiah akan berpeluang besar untuk menyumbangkan para ilmuan tambang bagi Indonesia di masa mendatang. Pemerintah ingin agar energi tambang benar-benar dikelola oleh anak negeri," katanya.

Selain dengan Unsyiah, Kementerian ESDM juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa universitas lainnya di Tanah Air diantaranya Unsri, USU, UMM dan Udayana.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016