Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 3.002 peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) tahun 2016 bersaing untuk masuk ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) pada tahun akademik 2016.

Rektor Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan tercatat 3.802 orang sudah mendaftar melalui jalur UMB di Unsyiah dan dari 3.002 orang sudah membayar biaya ujian tulis.

"Mereka yang mendaftar tersebut terbagi dalam tiga kategori yaitu IPA, IPS, dan IPC," katanya.

Ia menjelaskan ujian tulis UMB akan berlangsung pada Minggu, 24 Juli 2016 dengan lokasi ujian tersebar di beberapa titik dalam kawasan kampus Unsyiah.

"Pembayaran biaya untuk ujian UMB sudah ditutup sejak 22 Juli 2016 dan mereka yang tidak membayar sesuai jadwal yang telah ditetapkan dianggap mengundurkan diri dari proses seleksi UMB," katanya.

Ia menyebutkan pengumuman kelulusan UMB akan diumumkan secara online di situs www.spmb.or.id pada 31 Juli 2016.

"Ada sedikit perbedaan mengenai biaya kuliah UMB dengan SNMPTN dan SBMPTN. Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) pada jalur UMB lebih mahal ketimbang jalur masuk lainnya," katanya.

Selain itu mahasiswa yang lulus jalur UMB dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Besaran UKTB dan SPI sesuai dengan program studi yang dipilih.

"Informasi secara lengkap dapat mengunduh dokumen UKTB dan SPI pada bagian pengumuman di laman www.unsyiah.ac.id," katanya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir mengatakan status mahasiswa yang lulus melalui jalur UMB sama dengan status mahasiswa yang lulus melalui jalur lainnya, bedanya hanya pada biaya proses perkuliahan.

"Kuota penerimaan mahasiswa jalur UMB tahun ini sebesar 25 persen. Meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 20 persen," katanya.

    

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016