Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin meminta Inspektorat Aceh Jaya untuk mengaudit kinerja dan fasilitas kesehatan di RSUD Teuku Umar Calang serta Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Jaya.

“Audit ini bertujuan melihat secara detail apa yang perlu di perbaiki, baik dari segi sarana dan prasarana, tata kelola serta sumber daya manusianya dan sector pendukung lainnya,” katanya di Calang, Sabtu.

Ia menjelaskan dirinya menugaskan selama 20 hari ke depan kepada pihak Inspektorat Aceh Jaya untuk melakukan audit kinerja kesehatan Aceh Jaya.

Menurut  Nurdin audit kinerja ini adalah bagian dari upaya memperbaiki layanan kesehatan di Kabupaten Aceh Jaya karena sektor kesehatan adalah hal yang wajib disediakan oleh Pemerintah Aceh Jaya secara paripurna maka perlu dilakukan audit kesehatan secara keseluruhan.

Nurdin juga berpesan kepada penyelenggara kesehatan untuk bekerja secara maksimal dalam melayani masyarakat termasuk memastikan semua orang di Aceh Jaya bisa memperoleh akses layanan kesehatan dengan memastikan jaminan kesehatannya berfungsi.

Ia mengatakan hasil koordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Meulaboh ada 2.500 Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Aceh Jaya yang kartu BPJS belum aktif.

Terkait hal tersebut pihaknya sudah  berkoordinasi dengan pihak BPJS Meulaboh untuk melihat mana saja NIK yang belum aktif tersebut untuk nanti secara kolektif diminta dapat diaktifkan tanpa menunggu masyarakat daaing.

Pihaknya sudah melakukan kunjungan ke beberapa Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Jaya dan kondisi Puskesmas tersebut sudah baik namun banyak hal yang harus diperbaiki terutama sisi kebersihannya seperti toilet dan peningkatan sarana dan prasarana.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022