Kepala Polisi Resor (Kapolres) Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali meninjau lahan pertanian sebagai program ketahanan pangan di Kampung Tanjung Seumantoh, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang jelang masa panen.

"Lahan ketahanan pangan ini milik kelompok tani (Poktan) 'Bina Usaha' binaan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Karang Baru Bripka Muhammad Heri," kata Imam Asfali di Karang Baru, Aceh Tamiang, Rabu.

Imam Asfali ke kebun petani didampingi Kasat Binmas AKP Simson Purba, Kapolsek Karang Baru Iptu Surya Darma Sofyan dan Kasi Humas AKP Untung Sumaryo.

Orang nomor satu di Polres Aceh Tamiang ini tak ragu memakai sepatu boot karet tampak bergairah layaknya seorang petani tulen saat mengecek berbagai komoditi pertanian di lahan seluas 20.000 meter persegi itu.

"Lahan ketahanan pangan ini seluas lebih kurang 2 hektare sudah berisi tanaman pangan seperti cabai merah, jahe, pepaya dan sayuran. Rata-rata umur tanaman sudah siap panen," terang Kapolres.

Menurut perwira menengah Polri ini program lahan ketahanan pangan yang sudah digalakkan di setiap  Polsek dampaknya sangat positif, selain dapat menghasilkan keuntungan pribadi juga bermanfaat bagi lingkungan masyarakat sekitar.

Kapolres berharap semoga kegiatan berladang tersebut dapat menginspirasi masyarakat untuk gemar bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan kosong/lahan tidur di sekitar tempat tinggal.

"Jadikan lahan kosong menjadi produktif sehingga bermanfaat untuk dijadikan ketahanan pangan minimal di tingkat rumah tangga sendiri guna menekan lajunya inflasi perekonomian," tukas Imam Asfali.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022