Singkil (Antara Aceh) - Ratusan warga yang sebagian besar ibu-ibu dari tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil antri mengambil dana program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos, Kampong Pasar, Singkil, Selasa.

Seorang penerima, Yati, warga Kecamatan Singkil kepada wartawan mengatakan, dengan mendapatkan dana PKH senilai Rp800 ribu per triwulan ini dirinya sangat terbantu untuk biaya sekolah anaknya.

"Program ini cukup membantu saya, apalagi di tengah sulitnya ekonomi sekarang, sangat membantu sekali," ucapnya.

PKH merupakan program nasional yang ditujukan untuk rumah tangga sangat miskin (RTSM), dengan tujuan menghindari kemiskinan dan memastikan generasi berikutnya sehat dan menyelesaikan pendidikan (SD, SMP dan SMA).

Warga lainnya yang mengambil dana PKH, Deliani juga mengatakan sangat terbantu, apalagi dana diberikan empat kali setahun, dan jumlahnya tergantung jumlah anak.

"Kalau anak kita banyak, banyak juga kita dapat," ujarnya.

Deliani juga menjelaskan, ibu hamil juga dapat dana PKH. Namun sekarang dana PKH dialihkan ke anak yang masih bersekolah.

"Rata-rata per tiga bulan saya mendapat Rp250 ribu per anak, dan ini rutin diterima tiga bulan sekali," jelasnya.

Sementara, Kepala PT Pos Singkil Rustam mengatakan, penyerahan bantuan PKH ini sudah dilaksanakan sejak Senin (5/9). Dari tiga kecamatan yang ditangani Pos Singkil, untuk Kecamatan Singkil dan Kecamatan Kuala Baru sudah tuntas Senin dengan jumlah sekitar Rp64 juta.

"Sedangkan Kecamatan Singkil Utara saat sekarang ini lagi proses pembagian dana PKH," ungkapnya.

Salah seorang pekerja pendamping Kecamatan Singkil Faisal, jumlah penerima di Kecamatan Singkil sebanyak 235 RTSM.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016