Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe, Aceh, mencatat sebanyak 37.817 dari 39.343 anak yang menjadi sasaran atau 96,1 persen di daerah itu sudah menjalani imunisasi polio. 

"Hingga kini, capaian imunisasi polio mencapai 96,1 persen atau 37.817 anak dari sasaran 39.343 anak yang sudah diimunisasi polio," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Safwaliza di Lhokseumawe, Jumat. 

Menurut Safwaliza, imunisasi tersebut dilakukan sejak pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) polio pada 12 Desember 2022. Sub PIN tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi Aceh.

Menurut Safwaliza, capaian imunisasi polio tersebut sudah melebihi target yang ditentukan sebesar 95 persen. Kendati begitu, Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe terus berupaya agar imunisasi polio dapat mencapai 100 persen. 

"Suksesnya program pencanangan Sub PIN polio tersebut berkat kerja sama Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dengan beberapa instansi terkait dan juga peran serta masyarakat," kata Safwaliza.

Imunisasi polio, kata Safwaliza, sebagai bentuk kecintaan pemerintah terhadap anak-anak guna mencegah adanya kasus polio dan juga angka stunting atau kekerdilan yang terjadi terhadap anak.

Imunisasi tersebut, kata Hanafi Lubis, merupakan tindak lanjut kejadian luar biasa (KLB) kasus polio di Kabupaten Pidie. Program imunisasi tersebut juga sesuai rekomendasi Komite Ahli Nasional Surveilans PD3I dan Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Sub PIN Polio dicanangkan ini menyasar anak-anak, baik di sekolah-sekolah maupun di pusat pelayanan kesehatan yang ada di Kota Lhokseumawe, kata Safwaliza menyebutkan.

"Setiap anak akan diberikan dua tetes imunisasi polio. Diharapkan dengan suksesnya Sub PIN Polio ini, maka dapat mencegah adanya kasus polio di Aceh, khususnya di Kota Lhokseumawe," kata Safwaliza.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023