Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Aceh Besar yang maju pada Pilkada serentak 2017 menjalani uji mampu membaca Al Quran di Masjid AL Munawwarah, Kota Jantho, Kamis.

Uji mampu baca Alquran yang diikuti dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati periode 2017-2022 masing-masing Mawardi Ali-Husaini A Wahab dan Saifuddin Yahya-Juanda Djamal berlangsung terbuka dan disaksikan masyarakat.

"Tes uji mampu baca Al Quran untuk calon kepala daerah ini dinilai oleh Tim dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Aceh Besar," kata Komisioner KIP Aceh Besar Muhammad Nizar di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan seluruh pasangan bakal calon yang mengikuti uji mampu baca Al Quran yang diselenggarakan KIP Aceh Besar tersebut membacakan surah yang telah ditentukan oleh tim.

Sebelumnya M Nizar mengatakan tim penila akan memberikan hasil penilaian tes uji mampu baca Al Quran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati ke KIP Aceh Besar guna dilakukan proses selanjutnya.

Dari hasil penilaian tersebut, KIP Aceh Besar akan melihat seluruh nilai masing-masing pasangan bakal calon sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan untuk tes tersebut.

"Pasangan bakal calon yang cukup syarat dapat memenuhi tes tersebut dan pasangan yang tidak cukup syarat akan dinyatakan gugur," katanya.

Muhammad Nizar menyatakan apa bila ada pasangan yang tidak memenuhi syarat, maka pasangan tersebut dapat mengusulkan kembali pengantinya ke lembaga penyelenggara tersebut.

Pemilihan bupati dan wakil bupati Aceh Besar yang digelar pada 15 Februari 2017 itu berlangsung serentak dengan 19 kabupaten/kota lainnya di Aceh termasuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016