Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kabupaten Aceh Timur melantik sebanyak 1.539 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 yang akan bertugas di seluruh desa atau gampong di daerah itu.

Ketua KIP Kabupaten Aceh Timur Sofyan di Aceh Timur, Selasa, mengatakan pelantikan anggota PPS merupakan rangkaian tahapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan sejak 18 Desember 2022 hingga 21 Januari 2023. 

"Anggota PPS yang dilantik tersebut ditetapkan dalam rapat pleno KIP Kabupaten Aceh Timur. Mereka yang dilantik merupakan peringkat terbaik dari wilayah masing-masing," kata Sofyan.

Sofyan mengatakan anggota PPS yang dilantik tersebut akan bertugas sebagai penyelenggara pemilu di tingkat desa. Setiap desa ditugaskan tiga orang yang akan melaksanakan setiap tahapan Pemilu 2024.

"Kami berharap anggota PPS yang dilantik tersebut segera bekerja sesuai dengan tahapan seperti membentuk sekretariat desa. Kami juga mengingatkan untuk tetap menjaga netralitas dan integritas sebagai penyelenggara pemilu," kata Sofyan.

Sofyan juga meminta ketua PPS terpilih agar segera berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan aparat desa, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi berjalan lancar sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. 

“PPS adalah ujung tombak pelaksanaan tahapan pemilu, Karena itu, kami berharap agar PPS bekerja maksimal dengan penuh tanggung jawab,” kata Sofyan. 

Asisten Bidang Pemerintahan Keistimewaan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur Syahrizal Fauzi mengingatkan anggota PPS selaku penyelenggara di tingkat desa harus mengetahui dan memahami hal yang utama yakni norma dan regulasi. 

"Dengan demikian tidak berimplikasi terhadap hasil yang cacat dari proses pelaksanaan pemilu sebagai akibat dari kurangnya pemahaman," kata Syahrizal Fauzi.

Syahrizal Fauzi meminta anggota PPS jangan sampai tunduk dan diintervensi oleh pihak atau kelompok tertentu dalam menjalankan tugas. Laksanakan tugas dengan penuh kewenangan dan bersungguh-sungguh, jujur, adil demi suksesnya Pemilu 2024.

"Jika menghadapi permasalahan, segera berkoordinasi dengan PPK dan KIP  Aceh Timur. Jangan sampai tunduk pada tekanan dan pengaruh apa pun serta pihak mana pun," kata Syahrizal Fauzi.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023