Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kelompok tani di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Kamis mendapat bantuan 25 unit traktor dari pemerintah guna mendukung swasembada beras.

"Bantuan hand traktor ini merupakan salah satu upaya mendukung upaya khusus swasembada beras yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah Nasrun Liwanza.

Ia menjelaskan traktor yang diserahkan tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat sebanyak 18 unit ditambah tujuh unit dari Pemkab Aceh Tengah
   
Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan pihaknya dalam mendukung program swasembada beras dari kabupaten berhawa dingin itu adalah dengan mengusulkan pengadaan traktor yang kebutuhannya perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Ia menambahka, selain pengadaaan traktor tersebut, pihaknya juga terus meningkatkan pembangunan irigasi, pengadaan bibit unggul, penyaluran pestisida, pupuk dan peningkatan jalan usaha tani dalam upaya mewujudkan program khusus tersebut.

Nasaruddin meminta penerima bantuan untuk memanfaatkan secara efektif traktor tersebut sehingga dapat meningkatkan produksi dan jumlah tanam seiring tersedianya alat untuk membajak lahan pertanian.

"Traktor yang diberikan ini untuk kelompok bukan perorangan dan kami berharap dapat dimanfaatkan dengan baik secara bersama-sama," katanya.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016