Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman meninjau pasar tradisional Kota Kuala Simpang sembari memantau ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok dalam upaya pengendalian inflasi sesuai Instruksi Presiden.

"Alhamdulillah, setelah kita lakukan peninjauan harga bahan pokok masih dalam keadaan stabil," kata Pj Bupati Meurah Budiman di Kuala Simpang, Sabtu.

Meurah Budiman meninjau Pasar Pagi Kota Kuala Simpang didampingi unsur Forkopimda, anggota dewan dan instansi terkait yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

"Kegiatan ini dalam rangka menindak lanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Joko Widodo kepada pemerintah daerah terkait antisipasi inflasi di awal tahun 2023," jelasnya.

Adapun harga sejumlah bahan pokok masih stabil teridiri dari beras, minyak goreng, cabai, telur, bawang merah dan sejumlah komoditi lainnya. 

Baca juga: Tindak lanjut arahan Presiden terkait Inflasi, Pj Gubernur Aceh tinjau Pasar Lambaro

Pj Bupati Meurah Budiman tampak berdilog dengan para pedagang terkait kendala apa saja yang dialami jangan sampai terjadi inflasi di tangah masyarakat.

Pemda Aceh Tamiang bersama dinas terkait akan terus memantau dan melakukan evaluasi bila terjadi inflasi di daerah.

"Ini bagian dari program pemerintah daerah untuk menekan hal itu (inflasi)," ucapnya.

Menurut Meurah Budiman bahan pokok yang ada di pasar saat ini rata-rata masih diproduksi dalam kabupaten sendiri seperti komoditas pertanian. Hanya beberapa bahan pokok berasal dari Medan Sumatera Utara. Kedepan diharapkan akan tingkatkan lagi produksi dari dalam daerah.

Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman juga tak sungkan membeli keperluan bahan dapur seperti sayuran, cabai dan bawang di lapak pedagang demi mendorong perekonomian masyarakat sembari kasih semangat para pedangan dalam berniaga.

Selain meninjau harga sembako, Meurah Budiman juga menemukan plafon di gedung di lantai dua Pasar Pagi Kota Kuala Simpang banyak bocor dan rusak. Dinas terkait diminta mengusulkan kembali anggaran pembenahan gedung pasar tersebut untuk tahun depan.

“Tadi saya dan Pak dewan sudah sepakat juga, insya Allah dengan dana aspirasi membantu rehabilitasi infrastruktur Pasar Pagi Kota Kuala Simpang," tukasnya.

 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023