Takengon, 11/1 (Antara) - Kawasan Singgah Mata, Takengon akan dikembangkan menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Aceh Tengah.
"Kita akan rubah kawasan Singgah Mata  ini menjadi tempat rekreasi andalan dimasa mendatang," kata Bupati Aceh Tengah Nasaruddin di Takengon, Sabtu.
Nasaruddin menilai Singah Mata sebagai objek wisata yang sangat potensial, namun selama ini tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan optimal, walaupun Pemkab setempat pernah membangun semacam gazebo di sisi bukit, tapi tidak efektif  karena tidak tersedianya tempat parkir khusus.
Karenanya, untuk menjadikan kawasan singah mata sebagai lokasi rekreasi, bupati mengatakan lokasi jalan saat ini akan digunakan untuk parkir kendaraan, dan jalan akan di buat baru dengan mengambil tanah sekitar 20 meter pada sisi bukit, kemudian pada sisi terluar akan dipagar untuk menjaga kerapian dan keamanan pengunjung.
Pemkab Aceh Tengah juga berencana akan mengganti rugi beberapa kepemilikan tanah warga untuk mendukung bangunan yang akan digunakan sebagai lokasi  pengunjung agar lebih leluasa memandang kearah Takengon dan Danau Laut Tawar.
"Bila lokasi Singah Mata sudah tertata, semakin menambah alternatif lokasi rekreasi di Kabupaten Aceh Tengah", demikian kata Nasaruddin. (Mustafa Kamal).

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014