Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan meminta seluruh petugas penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dari kabupaten hingga ke tingkat desa untuk betul-betul menjaga independensi, agar proses pemilihan berlangsung sesuai dengan harapan demokrasi.

Ketua KIP Aceh Selatan Saiful Bismi di Banda Aceh, Jumat, mengatakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga diharapkan tetap menjaga profesionalitas, netralitas dan independensi.

“Bekerja sesuai dengan mekanisme dan prosedur. Kita berharap mereka jangan terlibat partai politik atau keberpihakan, jika itu kedapatan maka kami tidak segan untuk melakukan pemecatan,” kata Saiful Bismi di Banda Aceh.

Baca juga: Pemilu 2024, DPP minta kader PPP Aceh pertahankan jumlah kursi legislatif

Ia juga meminta agar semua calon dan para pendukung nantinya, baik dari calon presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Aceh, dan DPR kabupaten/kota untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan serta menghindari politik uang selama proses pemilu di Aceh Selatan.

“Dengan begitu, saya yakin Pemilu 2024 itu akan berjalan dengan diharapkan,” katanya.

Ia menyebut, Aceh Selatan memiliki sebanyak 153 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu sebelumnya. Sementara pemilu akan datang, DPT untuk Aceh Selatan bertambah menjadi 172 ribu.

Baca juga: KIP Aceh Barat ganti PPS yang meninggal dunia karena Lakalantas

Saat ini, KIP Aceh Selatan sedang pada proses rekrutmen PPDP yang akan ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di desa-desa dengan total jumlah sebanyak 703 orang sesuai dengan jumlah TPS di Aceh Selatan.

“Jadi masing-masing TPS ada satu orang PPDP,” ujarnya.

Selain itu, kata Saiful Bismi, pada 11 Februari 2023 pihaknya akan memutakhirkan data pemilih serta apel siaga bersama. Selanjutnya, pada 16 Februari hingga 8 Maret 2023, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual syarat calon anggota DPD RI.

“Kita nanti akan melakukan serentak memilih preseden, wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPR provinsi dan DPR kabupaten/kota pada hari yang sama 14 Februari 2024,” ujarnya.

Baca juga: Delapan wakil ketua DPD Nasdem mengundurkan diri
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023