Anggota Kodim 0101/Kota Banda Aceh (KBA) Kopda Fahrizal Amri yang bertugas sebagai perwakilan Kodam Iskandar Muda di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, membantu menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu dengan berat mencapai empat kilogram.
 
Komandan Kodim 0101/KBA Letnan Kolonel Inf Andy Bagus dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Rabu, mengatakan penggagalan upaya penyelundupan dilakukan pada Selasa (28/2).
 
"Kami mengapresiasi Kopda Fahrizal Amri yang telah membantu petugas keamanan Bandara Kualanamu dalam upaya mencegah penyelundupan narkotika. Tindakan itu menjadi contoh baik dalam menjalankan tugas sebagai prajurit melindungi masyarakat dan negara dari ancaman narkotika," kata Andy Bagus.
 
Upaya penyelundupan barang terlarang tersebut terungkap saat petugas keamanan bandara di bagian pemeriksaan x-ray memeriksa barang penumpang pesawat. Kemudian, petugas mencurigai barang bawaan seorang penumpang dalam koper.
 
Petugas keamanan bandara meminta penumpang tersebut membuka koper untuk diperiksa. Namun, penumpang tersebut menolaknya. Kopda Fahrizal Amri berada tidak jauh dari lokasi menghampiri penumpang tersebut dan meminta membuka koper tersebut.
 
Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan enam bungkusan diduga berisi sabu-sabu dengan berat keseluruhan mencapai empat kilogram yang disembunyikan dalam lipatan celana.
 
Selanjutnya, Kopda Fahrizal bersama petugas keamanan bandara membawa penumpang tersebut dan barang bukti ke posko. Kemudian, prajurit TNI tersebut menghubungi kepolisian sektor Bandara Kualanamu serta menyerahkan penumpang tersebut bersama barang bukti.
 
Andy Bagus mengatakan sebagai komandan merasa bangga dengan prajurit Kodim 0101/KBA yang menggagalkan upaya penyelundupan narkotika di Bandara Kualanamu. Kesigapan dan ketelitian dalam mengamankan kasus ini adalah bukti nyata dari semangat dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas
 
"Kami mengajak seluruh prajurit Kodim 0101/KBA untuk terus membangun sinergi dan berkolaborasi dengan pihak keamanan dan penegak hukum lainnya dalam mencegah dan memberantas peredaran narkotika. Serta terus bekerja sama dalam menjaga kedaulatan negara," kata Andy Bagus.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023