Ketua DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) Nurdianto meninjau tanggul pengaman jalan penghubung Desa Kuta Bakdrien -Blangpadang di Kecamatan Tangan-Tangan yang ambruk ratusan meter akibat diterjang banjir baru-baru ini.

Peninjauan yang berlangsung Selasa tersebut ikut juga dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya Alfian Liswandar bersama sejumlah pejabat teknis dan didampingi Kepala Desa Kuta Bakdrien, Zulkifli.

Kades Zulkifli menunjukkan semua tanggul pengaman jalan yang telah ambruk kepada pimpinan dewan dan pejabat PUPR Abdya dengan harapan secepatnya dilakukan perbaikan untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Baca juga: PUPR Abdya akan perbaiki jembatan amblas penghubung desa

Setelah melihat kondisi dampak banjir dan mendengar keluhan dari warga Desa Kuta Bakdrien, ketua DPRK Nurdianto meminta pihak Dinas PUPR agar segera melakukan pembersihan puing-puing beton yang ambruk dalam sungai.

"Untuk menghindari air sungai tersumbat, Dinas PUPR agar secepatnya melakukan pembersihan puing-puing itu, supaya saat hujan melanda lagi, aliran air sungai dipinggir jalan ini menjadi lancar," pintanya

Kemudian lanjut Nurdianto, pihak PUPR Abdya juga secepatnya mengusulkan pembangunan baru tanggul pengaman jalan penghubung desa tersebut, sehingga pada tahun anggaran  2024 mendatang bisa dikerjakan pembangunannya.

"Musrembang tingkat Kabupaten tinggal beberapa hari lagi, jadi saya minta pihak PUPR agar mengajukan pembangunan tanggul ini untuk dibangun pada tahun anggaran 2024 akan datang," pintanya

Sebelum ke Desa Kuta Bakdrien rombongan ketua DPRK dan PUPR Abdya tersebut terlebih dahulu meninjau jembatan ambruk di Desa Ujong Tanah, Kecamatan Setia untuk proses penanggulangan.

Baca juga: Harga beras di Abdya turun jelang puasa Ramadhan, begini penjelasannya

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023