Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin menegaskan pelaksanaan Expo Entrepreneur oleh Dinas Koperasi dan UMKM Aceh selama empat hari sejak 10-13 Maret 2023 sebagai salah satu upaya pemberdayaan pelaku usaha di Tanah Rencong. 

"Ini perlu karena peran UMKM sangat penting dalam menggerakkan perekonomian di Aceh. Apalagi, keberadaan UMKM sudah terbukti sangat kokoh saat pandemi beberapa waktu lalu," kata Safaruddin di Banda Aceh, Selasa.

Event tersebut, kata Safaruddin, telah mampu menyedot 19 ribu pengunjung dan mencatatkan transaksi sebesar Rp3,4 miliar.

Baca juga: Expo Entrepreneur Aceh bukukan transaksi penjualan capai Rp3,4 miliar

Expo itu, kata Safaruddin, merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan pelaku usaha kecil yang ada di Aceh. Karena itu ia mengusulkan program tersebut tahun ini. 

"DPRA akan terus memberikan dukungan kepada Pemerintah Aceh dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi. Salah satunya dengan terus mengembangkan pelaku UMKM," ujarnya. 

Safaruddin menambahkan, kegiatan seperti expo entrepreneur ini memberi dampak positif kepada banyak pihak. Mulai para pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif yang bagian pelaksana dan pengisi event, serta masyarakat secara umum.

Baca juga: Nagan Raya Expo 2023 sukses promosikan batik Aceh melalui peragaan busana

Politisi Gerindra ini juga mengusulkan supaya kegiatan tersebut terus dilanjutkan secara terjadwal oleh Diskop UMKM Aceh. Supaya benar-benar menjadi ajang promosi, dan peningkatan nilai jual produk UMKM Aceh.

“Kita berharap sinergitas Pemerintah Aceh dan DPRA yang fokus terhadap UMKM dapat terus berkesinambungan, agar pengetahuan tentang lika-liku ekspor semakin dikuasai oleh pelaku UMKM di Aceh,” ujar politisi asal Abdya itu. 

Baca juga: Produk nilam USK Banda Aceh tembus ke expo Internasional di Jerman

Dirinya juga ingin geliat ekspor-impor meningkat, sehingga para pelaku usaha kecil ini dapat mengambil kesempatan untuk memasarkan produk mereka secara global.

Untuk diketahui, Expo Entrepreneur 2023 ini diikuti sekitar 60 lebih pelaku UMKM. Mereka menyajikan produk kuliner, kopi, craft, hingga kriya.

Tak hanya itu, acara ini juga memberi dampak kepada para pedagang kecil yang selama ini menempati lapangan Blang Padang. Karena selama pergelaran event yang menghadirkan sejumlah artis lokal, warga terus memadati arena event tersebut.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023