Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie menyerahkan paket daging tradisi meugang akbar menyambut bulan suci Ramadhan untuk 1.300 masyarakat kurang mampu (dhuafa) yang ada di 12 kecamatan di kabupaten setempat. 

“Paket yang diberikan tersebut hasil dari pemotongan sebanyak 22 ekor sapi yang dipotong di halaman masjid Al Falah Kota Sigli,” kata Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, di Pidie, Selasa.

Paket daging meugang tersebut diserahkan secara simbolis melalui Camat masing-masing daerah untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di wilayahnya.

Baca juga: Pemkab Pidie gelar meugang akbar sambut Ramadhan, siapkan 26 ekor sapi untuk kaum dhuafa

Adapun 12 kecamatan itu yakni, Kecamatan Kota Sigli, Pidie, Mutiara, Mutiara Timur, Tiro, Sakti, Padang Tiji, Delima, Indrajaya, Peukan Baro, Simpang Tiga, dan Kota Sigli. 

Wahyudi mengatakan, penyumbang sapi pada meugang akbar tersebut bertambah dari sebelumnya 26 ekor sapi menjadi 34 ekor, yakni dari 11 kepala dinas dan 23 SKPK di lingkungan Pemerintah Pidie. 

Kata dia, untuk penerima paket tersebut sudah dimiliki setelah dilaksanakan pendataan oleh 12 Camat melalui keuchik (kepala desa) di wilayahnya

Sisanya, untuk 11 kecamatan yang berjarak dari pusat kota masing-masing mendapatkan per ekor sapi, dengan biaya transportasi dan pemotongan ditanggung pemerintah. 

11 kecamatan itu antara lain Kecamatan Glumpang Baro, Glumpang Tiga, Kembang Tanjong, Keumala, Titeu, Mila, Mane, Tangse, Geumpang, Batee dan Laweung. 

"Selain fakir miskin, kita juga memberikan kepada masyarakat tuna netra, serta 80 petugas atau cleaning service di Masjid Alfalah," demikian Wahyudi.

Baca juga: Pemkab Simeulue kerahkan petugas kesehatan periksa hewan meugang

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023