Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Timur melakukan sidak ke sejumlah pasar di wilayah tersebut guna memantau harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

“Sidak atau operasi pasar bertujuan untuk menguji harga sembilan bahan pokok di pasaran,” kata Pj Bupati Aceh Timur  Mahyuddin melalui Plt Kepala Disdagkop dan UKM Aceh Timur Khairurradi di Aceh Timur, Kamis.

Berdasarkan pengakuan pedagang dan isi gudang yang dipantau, kata dia, sembako yang tersedia mencukupi. Apalagi pasokan barang dari luar ke Aceh masih stabil.

Baca: Bocah SD tewas terserat sungai

Disinggung khusus bahan pokok pangan seperti beras, Staf Ahli Bupati Aceh Timur itu, mengaku masih aman. Apalagi Aceh Timur masih surplus produksi padi di sawah. 

“Untuk beras kita tidak ragu, bahkan beras dari beberapa kilang padi di Aceh Timur dipasok ke sejumlah kota-kota besar di Sumatera Utara,” kata Khairurradi.

Berdasarkan pantauan di pasar, perkembangan beberapa harga bahan pangan pokok masih mengalami fluktuasi. Hal tersebut dinilai dipengaruhi masih banyak permintaan kebutuhan pangan di tingkat konsumen, apalagi selama Ramadan. 

Baca: MPU Aceh pasang baliho larangan perburuan satwa liar

“Harga sembako terkadang mengalami kenaikan dan penurunan, karena permintaan di tingkat konsumen dalam bulan puasa ini mengalami peningkatan,” kata Khairurradi.

Harga beras jenis medium dijual sesuai merek mulai dari Rp10.750 hingga Rp10.900 per kilogram. Begitu juga dengan harga beras premium dijual mulai harga Rp 12.200 hingga Rp15.400 per kilogram. Untuk gula pasir dijual Rp14 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga minyak goreng dijual sesuai dengan merek, Bimoli 2 liter Rp43 ribu, Sunco 2 liter Rp42 ribu, dan minyak goreng curah dijual Rp15 ribu per kilogram.

Baca: Polisi temukan kebun jagung disisip tanaman ganja di Aceh Timur, tumpang sari berbahaya

Khairurradi melanjutkan untuk harga daging sapi murni dijual Rp160 ribu per kilogram, untuk daging ayam broiler dijual Rp24 ribu per kilogram, dan daging ayam kampung Rp45 ribu per kilogram. 

Sementara itu, harga telur broiler dijual mengalami penurunan harga dari sehari sebelumnya dijual Rp50 ribu per papan (30 butir) menjadi Rp48 ribu per papan (30 butir).

“Untuk telur ayam kampung masih sama harganya yakni Rp2.500 per butir dan telur bebek asin juga sama dengan harga sehari sebelumnya yaitu Rp3.500 per butir,” kata Khairurradi.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023