Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan menyatakan destinasi wisata alam Guha Batee Meucanan masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin di Aceh Selatan, Sabtu, mengatakan dengan masuknya destinasi tersebut dalam nominasi API 2023, maka objek wisata Guha Batee Meucanan di Kecamatan Labuhanhaji Barat akan lebih dikenal lagi.

"Selain Guha Batee Meucanan, minunan tradisional jus nipah asal Aceh Selatan juga masuk nominasi API 2023. Dan ini merupakan ajang promosi pariwisata Kabupaten Aceh Selatan," kata Muchsin menyebutkan.

Muchsin mengharapkan masukan destinasi pariwisata Aceh Selatan dalam ajang nasional tersebut diharapkan memberi dampak positif terhadap kunjungan wisata ke kabupaten di pesisir pantai selatan Samudera Hindia tersebut.

"API ini ajang nasional dan jangkauannya juga luas. Masuknya destinasi pariwisata Aceh Selatan sebagai nominasi di ajang itu serta meriah juara tentu membutuhkan kerja keras semua pihak," katanya.

Menurut Muchsin, pariwisata Kabupaten Aceh Selatan menjadi langganan penerima anugerah pesona Indonesia. Sejak digelar delapan tahun silam, Kabupaten Aceh Selatan sudah tiga tahun terakhir turut-turut menerima penghargaan API.

"Meraih API bukanlah hal mudah. Sejak awal pengusulan membutuhkan proses panjang. Efek meraih API tiga tahun terakhir sudah dirasakan, di mana kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Selatan terus meningkatkan," kata Muchsin.

Oleh karena itu, Muchsin mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, baik yang ada di daerah maupun luar daerah untuk bersama-sama mendukung kemajuan sektor pariwisata.

"Kabupaten Aceh Selatan memiliki banyak potensi pariwisata. Karena itu, kami mengajak masyarakat Aceh Selatan mendukung kemajuan sektor pariwisata. Sektor pariwisata memberi dampak banyak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat," kata Muchsin.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023